Breaking

blog single post
Industry

Industri Kreatif yang Tidak Ada Matinya

Industri kreatif meningkat pesat sejak beberapa tahun belakangan. Bisnis bisnis seperti pembuatan aplikasi, karya seni, interior, film, desain, fashion, piranti lunak, dekorasi, sampai animasi menjadi santapan anak-anak muda yang terus berinovasi.


Apalagi karena pada prakteknya rata-rata industri kreatif tidak membutuhkan modal yang besar. Beberapa bisnis malahan hanya bermodal jual ide, contohnya pengerjaan interior atau penulisan artikel.


Menurut Sekretaris Utama Badan Ekonomi Kreatif (Be Kraft) Mesdin Kornelis Simarmata, 70% pangsa pasar industri kreatif ada di kriya, fashion, kuliner sebab ketiga sektor tersebut mempunyai pangsa pasar yang besar khususnya anak muda sebagai bidikan utama para pelaku ekonomi kreatif.


Mesdin juga menambahkan bahwa ekonomi kreatif menyumbangkan Produk Domestik Bruto (PDB) sebanyak 9% pada tahun 2017. Ini cukup menggembirakan mengingat bisnis ini tergolong baru yang dijalankan oleh generasi milenial. Sebuah generasi yang dianggap lebih ahli dalam urusan pemanfaatan teknologi sehingga tidak heran bila bisnis online semakin menjamur.


Pada tahun 2018 ini, sektor ekonomi kreatif diperkirakan akan tumbuh 5%, dan beberapa industri kreatif seperti periklanan serta produk kerajinan tangan diperkirakan akan meningkat drastis. Tren ini tentunya menjadi pendorong ekonomi dalam negeri.

Mari kita kulik sedikit mengenai beberapa tren bisnis kreatif yang bisa dibilang merajai pasar

 

  • Bisnis Fashion

Bisnis fashion merupakan jenis bisnis yang tidak pernah sepi pembeli. Masyarakat modern semakin sadar akan pentingnya penampilan dan ingin selalu terlihat up-to-date dengan mengikuti berbagai macam perkembangan tren fashion dunia.

 

  • Bisnis Kuliner

Selain fashion, kuliner juga salah satu kebutuhan yang selalu dicari orang. Bukan hanya sekedar kebutuhan pokok, kuliner juga menjadi gaya hidup bagi sebagian orang. Posting makanan menjadi hal yang lumrah Anda lihat di sosial media.

 

  •  Bisnis Elektronik

Di zaman modern saat ini, hampir semua orang tidak bisa lepas dari berbagai barang elektronik. Hal ini bisa berupa televisi, handphone, komputer, mesin cuci, dan lain sebagainya. Meski persaingannya terbilang cukup ketat, namun peluang Anda untuk sukses dalam bidang ini juga cukup besar, terutama jika memiliki kemampuan yang baik dalam menjalin komunikasi serta menjaga kepuasan konsumen dengan baik.  

 

  • Bisnis Produk Kesehatan

Kesehatan menjadi hal yang sangat penting karena dengan tubuh yang sehat maka kualitas hidup seseorang juga akan meningkat. Beragam produk kesehatan dari mulai vitamin hingga alat olahraga memiliki pasarnya sendiri.

 

Sumber : berbagai sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu