Breaking

blog single post
Edukasi

Ingin Berhasil Interview Kerja? Perhatikan 5 Hal Berikut!

SPOTQOE.COM - Interview merupakan salah satu proses yang pasti dialami oleh setiap orang yang sedang mencari pekerjaan. Menariknya, sekarang ini mulai banyak proses interview  yang dilakukan di ruang rapat Co-Working Space akan membantu calon kandidat menjadi lebih santai dan terbuka.

 

Interview akan sangat menentukan apakah User dan HRD akan menerima calon kandidat atau tidak. Sayangnya, tidak jarang hal-hal yang tidak disangka-sangka justru menjadi batu sandungan dalam keberhasilan seseorang berkarir dalam proses tersebut.

 

Oleh karena itu, jika Kamu sudah memasuki tahap wawancara dalam mencari pekerjaan sangat perlu memperhatikan hal-hal kecil sebelum atau saat wawancara sedang berlangsung. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:

 

1. Jangan Datang Terlambat

Waktu adalah hal paling mendasar yang dilihat oleh seorang pewawancara. Ketika seorang peserta wawancara datang terlambat, akan memberikan kesan pertama yang buruk bagi pewawancara. Oleh karena itu, perlu mengatur waktu yang tepat agar tidak telat saat wawancara. Lebih baik datang 30 menit hingga 1 jam sebelum jam dimulainya wawancara. Hal tersebut bisa digunakan untuk mempersiapkan diri agar mencapai hasil maksimal saat wawancara. Lebih bagus lagi jika Kamu sudah stay di depan ruang rapat Co-Working Space. Prinsipnya, lebih baik Kamu yang menunggu sebelum User atau HRD mencarimu.

 

2. Perhatikan Sopan Santun

Etika dan etiket dalam bersikap, berbicara adalah hal mendasar yang terkadang membuat seseorang gagal dalam wawancara. Secara tidak langsung hal-hal tersebut juga menunjukan kedewasaan seseorang dan berakibat pada kesan pertama yang timbul pada pewawancara. Oleh karena itu, saat Kamu memasuki ruang rapat Co-Working Space harus benar-benar memperhatikan sopan santun dimulai dari hal kecil, seperti mengetuk pintu, duduk dengan posisi yang benar, bersalaman dengan penuh percaya diri, dan lain-lainnya. Kemampuan yang dimiliki, CV, dan portofolio kerja memang penting, namun tanpa sopan santun yang baik bisa membuat pewawancara justru enggan untuk memilihmu.

 

Baca Juga: Cara Menulis Skill di CV Supaya Menghasilkan Panggilan Wawancara Kerja

 

3. Menjaga Penampilan

Penampilan diri menjadi nilai penting yang menentukan berhasilnya wawancara seseorang. Menjaga penamilan bisa dimulai dari erpakaian rapi atau formal sesuai dengan peraturan yang berlaku. Menjaga bau badan juga hal yang termasuk dalam menjaga penampilan. Dengan begitu, pewawancara akan merasa nyaman untuk melihat dan berada dekat denganmu. Hal terakhir yang tidak kalah penting adalah tetap tersenyum dan menjaga postur tubuh dengan gagah dan tegap. Ingat ya, meskipun invitation undangan wawancaramu bertempat di ruang rapat Co-Working Space yang bernuansa santai, Kamu harus tetap memperhatikan penampilanmu agar tetap rapi ya!

 

4. Menggunakan Bahasa Indonesia yang Sopan dan Baik

Pemilihan kata dan bahasa yang digunakan saat wawancara juga perlu diperhatikan secara telilti. Jika tidak, hal tersebut bisa menjadi batu sandungan bagi peserta wawancara. Kata dan bahasa adalah hal yang bisa menjadi bumerang bagi peserta karena bersifat multitafsir. Oleh karena itu, penggunaan Bahasa Indonesia yang baku atau Bahasa Inggris yang yang formal lebih baik digunakan selama wawancara berlangsung.

 

5. Pengetahuan dan Wawasan

Dalam hal ini,yang dimaksud adalah pengetahuan dan wawasan dari peserta wawancara terhadap perusahaan tersebut atau terhadap jenis pekerjaan dan posisi yang dilamar. Sebaiknya seorang yang akan diwawancarai tidak dengan pandangan, pengetahuan, dan wawasan kosong mengenai perusahaan yang dilamar atau jenis pekerjaan dan posisi yang diinginkan. Media internet bisa digunakan sebelum wawancara berlangsung agar memperlihatkan bahwa Kamu sebagai calon kandidat memberikan kesan yang tak terlupakan.

 

Baca Juga: Hal-Hal yang Menghambat Kesuksesan

 

Tidak hanya berlaku bagi para pencari kerja, bagi perusahaan yang sedang berencana menambah karyawan pun jangan melupakan hal-hal kecil di atas. Menambah karyawan adalah hal yang positif, namun karakter juga perlu menjadi pertimangan penting selain kualitas performa. Apabila perusahaan melakukan interview atau perekrutan secara masif, maka yang dibutuhkan bukan lagi ruang rapat Co-Working Space. Tetapi ruang event atau ruang meeting dengan kapasistas yang lebih besar. Selain itu, ruangan dengan kapasitas besar juga bisa digunakan untuk kebutuhan training atau pelatihan dari para karyawan yang baru saja direkrut.

 

Kamu mencari ruang rapat Co-Working Space atau ruang event hotel dengan kapasitas yang lebih besar? Ada aplikasi SpotQoe.com yang memudahkan pencarian ruang yang dibutuhkan dari beragam pilihan merchant yang ada di seluruh Indonesua. Aplikasi SpotQoe.com bisa diunduh di smarthpone android maupun iOs, sehingga akses mencari Co-Working Space, ruang meeting hotel dapat dicari dengan mudah, lengkap, dan cepat.

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu