Breaking

blog single post
Inspirasi

Ini Dia Cara Meeting Space yang Sesuai

Apakah meeting space pilihan Anda berkontribusi terhadap lingkungan kerja yang produktif? Sudah ada banyak penelitian yang menunjukkan adanya hubungan antara ruangan dan interior dengan bagaimana orang-orang di dalamnya berinteraksi, belajar, mendengarkan, dan bekerja bersama-sama.

 

Dalam memilih meeting space yang tepat dan sesuai, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan, salah satunya adalah jenis pertemuan atau rapat apa yang akan diselenggarakan. Pemilihan ruangan dengan desain interior yang sesuai akan membantu menunjang efisiensi dari pertemuan tersebut.


Untuk menemukan meeting space yang sesuai kebutuhan, Anda bisa gunakan SpotQoe. Aplikasi ini dapat Anda unduh dan pasang dari Playstore dan Appstore secara gratis. Jika Anda masih ragu jenis ruang apa yang sesuai dengan kebutuhan dan acara Anda, SpotQoe menawarkan konsultasi gratis dengan respon cepat dan hasil pencarian yang dipersonalisasi agar sesuai dengan apa yang Anda mau!


Meeting Space untuk Rapat Informasi

Tujuan dari jenis rapat yang satu ini adalah untuk menciptakan motivasi, ketertarikan, penerimaan, dan kesatuan ide. Karena itulah meeting space yang ideal adalah ruang yang dapat menciptakan perilaku positif dan semangat di antara para partisipan. Salah satu elemen yang penting untuk dipertimbangkan adalah pencahayaan.

Banyak yang telah menganjurkan bahwa sinar matahari adalah pencahayaan terbaik untuk kehidupan sehari-hari, termasuk bekerja, karena dapat mendorong timbulnya perasaan positif. Namun jika jumlah sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan terbatas atau bahkan tidak ada, kombinasi antara lampu dengan pencahayaan langit-langit yang mengarah ke meja adalah alternatif yang paling dianjurkan. Kemudian, pilihlah meja besar berwarna putih untuk membantu ruangan agar tampak semakin terang.

Pertimbangkan juga jika ruangan tersebut memiliki teknologi yang diperlukan, dan apakah teknologi tersebut dapat berfungsi. Ingatlah bahwa tujuan dari pertemuan ini adalah untuk memberikan informasi, sehingga perlengkapan yang sesuai akan membantu meningkatkan pemahaman di antara para peserta rapat. Jadi, jangan segan-segan mengkombinasikan proyektor, papan tulis hitam maupun putih, dan elemen-elemen visual lain yang relevan untuk rapat tersebut.


Meeting Space untuk Rapat dengan Klien/ Konsumen

Dalam rapat dengan konsumen (atau rapat sales), tujuan utamanya adalah untuk menciptakan komitmen bersama-sama. Dengan begitu, rasa percaya dan penasaran menjadi kata kunci yang penting. Jadi, rekomendasi terbaik untuk jenis rapat seperti ini adalah meeting space yang berlokasi di area yang familiar, baik bagi Anda maupun konsumen. Jika sulit menemukan pilihannya, maka pilih lokasi yang familiar bagi konsumen. Hal tersebut akan memberikan rasa nyaman karena klien Anda merasa sedang berada di “daerah kekuasaan” mereka, sehingga akan sangat menguntungkan Anda.

Detail lain yang penting untuk diperhatikan adalah memilih spot dengan meja bundar. Dengan begitu, seluruh partisipan dalam pertemuan dapat saling melakukan tatap mata dan berbicara satu sama lain lebih mudah. Dan jika pertemuannya lebih informal lagi, Anda bisa pilih lokasi dengan lingkungan yang jauh lebih kasual dan pemilihan furniture yang empuk atau lembut.


Meeting Space untuk Rapat Inovasi

Tujuan dari rapat inovasi adalah menghasilkan ide dan perspektif baru bersama-sama. Jadi, jika Anda ingin melakukan brainstorm, maka sebaiknya singkirkan meja, dan bahkan kursi. Jadi, seluruh peserta akan merasa seperti sebuah kesatuan karena mereka tidak merasa kalau satu spot di dalam ruangan tersebut adalah spot milik mereka sendiri, yang justru bisa memisahkan mereka dari kelompok. Keuntungan lain dari tata letak meeting space yang demikian adalah alur yang lebih baik, termasuk dalam segi komunikasi dan interaksi. Karena inspirasi menjadi elemen penting dalam jenis rapat ini, Anda bisa tambahkan alat atau perlengkapan yang relevan dengan bisnis dan bahkan dapat menginspirasi.


Meeting Space untuk Rapat Pengambilan Keputusan

Tentunya, tujuan dari rapat ini adalah untuk mengambil keputusan, sehingga meeting space yang mendorong berbagai inspirasi maupun masukan bisa jadi justru akan mengganggu kelancaran pertemuan nantinya. Karena itu, desain ruangan yang sesuai untuk rapat ini adalah yang memiliki suasana formal dan tidak mengandung elemen yang justru dapat mengganggu konsentrasi para peserta rapat. Demi menjaga fokus para audiens, Anda bisa mengacak pengaturan tempat duduk untuk mencegah mengobrol dengan orang yang duduk di sebelah mereka. Atau, Anda juga bisa bereksperimen dengan mengatur tempat duduk agar individu yang sering berselisih pendapat duduk berdekatan apabila ingin memancing diskusi di sepanjang rapat.



Baca Juga : 2 Meeting Space yang Bikin Anda Lupa Sedang Bekerja

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu