Breaking

blog single post
Informasi

Ini Tempat Meeting Bersejarah Di Indonesia

Di masa perebutan kemerdekaan Indonesia, para pemuda-pemudi  merencanakan beragam cara untuk merenggut kedaulatan bangsa. Banyak pertemuan dilakukan para pejuang kemerdekaan di berbagai wilayah di negeri tercinta ini. Gedung yang menjadi saksi bisu sejarah perjuangan kemerdekaan ini, kini menjadi museum. Lalu apa saja tempat meeting bersejarah di zaman kemerdekaan Indonesia?


  1. Gedung Joeang ‘45


Gedung yang sebelumnya bernama Gedung Menteng 31 ini, dulunya pernah menjadi hotel bernama Schomper. Gedung ini merupakan tempat pertemuan tokoh-tokoh penting bangsa seperti Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, Adam Malik hingga Chaerul Saleh yang memberikan pendidikan politik bagi anak muda Indonesia. Tak hanya menyimpan foto dan benda yang erat kaitannya dengan kemerdekaan Indonesia, di gedung ini terdapat pula mobil kepresidenan yang merupakan mobil antik kesayangan presiden pertama Indonesia Bung Karno.


  1. Museum Perumusan Naskah Proklamasi


Rumah bergaya eropa ini dibangun tahun 1920. Rumah yang ditempati oleh Laksamana Muda Tadashi Maeda dan keluarga ini memiliki nilai histori tinggi lantaran menjadi lokasi perumusan naskah proklamasi oleh Ir. Soekarno, Mohammad Hatta, Ahmad Soebardjo dan sang pengetik naskah Sayuti Melik. Pada tahun 1984, rumah tempat bertemunya sang proklamator dengan sahabat seperjuangan ini diubah menjadi Museum Perumusan Naskah Proklamasi.


  1. Museum Kebangkitan Nasional


Dahulu Museum Kebangkitan Nasional merupakan gedung STOVIA sekolah kedokteran untuk pelajar pribumi. Gedung ini menjadi saksi lahirnya Boedi Oetomo, Trikoro Darmo (Jong Java), Jong Minahasa serta Jong Ambon. Gedung yang beroperasi sejak Maret 1902 ini memiliki 2.000 koleksi seperti bangunan, mebel, jam dinding, perlengkapan kesehatan, pakaian, senjata dan lainnya.


  1. Rumah Inggit Ganarsih


Melipir ke kota kembang Bandung, rumah yang juga menjadi tempat wisata bersejarah ini merupakan rumah tempat tinggal Bung Karno bersama Ibu Inggit pada tahun 1926 sampai dengan 1934. Rumah klasik khas Indonesia ini menjadi saksi sejarah berkumpulnya para pelopor kemerdekaan untuk berdiskusi menyatukan visi persiapan proklamasi.


Ingin meeting maupun event yang kamu selenggarakan berkesan dan berjalan sempurna? Penting untuk kamu pilih ruangan yang memiliki fasilitas lengkap, nyaman dan terpercaya. Pesan secara online ruang meeting maupun space untuk kegiatan eventmu di www.spotqoe.com . Pilihan working space, meeting space sampai event space tersedia dengan harga terbaik. SpotQoe berikan kemudahan serta kecepatan untuk mencari hingga memesan ruangan yang dapat disewa per jam ataupun per hari.


Baca Juga : Tempat Meeting Unik di Dunia


Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu