Breaking

blog single post
Profesionalisme

Ini yang Harus Anda Lakukan Bila Tempat Event Anda Dicancel

Apa yang terjadi bila seluruh rundown acara sudah fixed, katering sudah dipesan, undangan sudah disebar dan tinggal menunggu hari pelaksanaan acara namun tiba-tiba tempat yang Anda sewa membatalkan perjanjian. Reaksi pertama Anda pastilah kaget dan panik. Sebisa mungkin coba tenangkan diri agar bisa segera mencari solusi, karena pembatalan ini baru diketahui oleh Anda dan vendor sementara rencana event tetap berjalan.

 

Minta carikan lokasi pengganti

Di luar dari pembatalan sepihak yang sudah mencoreng image sebuah vendorvendor harus bertanggung jawab untuk mencarikan tempat acara/ venue lain yang mendekati persyaratan yang Anda minta dari sisi fasilitas maupun kapasitas.   


Minta pengembalian deposit

Karena pembatalan berlangsung secara sepihak, pasti ada kompensasi yang juga realistis sehingga Anda tidak dirugikan dua kali. Tentu saja, karena Anda terpaksa harus putar otak mengalihkan segala sesuatunya ke tempat lain. Uang DP yang sudah Anda bayarkan sudah semestinya dibayarkan kembali secara penuh karena pembatalan itu bukan atas kemauan Anda.

 

Cari tempat pengganti secepatnya

Meski lokasi sebelumnya sudah menyatakan akan mencarikan tempat baru yang memadai, namun tidak ada salahnya bila Anda juga mencari alternatif tempat lain yang mungkin suidah Anda incar sebelumnya.


Jadwalkan ulang  

Bila memang diperlukan, jadwalkan ulang event Anda agar semuanya bisa terkoordinasi dengan lebih baik, mengingat bahwa perubahan lokasi tentu akan berpengaruh terhadap semua hal hingga sekecil-kecilnya. Dan bila dirasa perubahan ini sulit dilaksanana sesuai jadwal semula maka ada baiknya segera putuskan untuk mencari lain waktu.

 

Update semua pihak yang terlibat

Karena undangan sudah terlanjur disebar, maka Anda harus meng-info ulang kepada katering, tamu undangan, pengisi acara dan semua yangterkait mengenai perubahan lokasi agar tidak ada miskomunikasi.

 

Dengan adanya pembatalan dari pihak venue, bukan berarti acara Anda pun harus batal. The show must go on!, dan meskipun ada biaya serta tenaga tambahan yang dikeluarkan demikelancaran acara maka lakukanlah dengan sebaik-baiknya. Ini bisa Anda jadikan pelajaran juga bahwa menyewa sebuah lokasi event haruslah mengutamakan vendor yang bisa diandalkan.

 

 

Baca juga: 7 Keuntungan Memesan Ruangan Secara Online




 

Sumber : eventbrite.com.au

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu