Breaking

blog single post
Feature Apps

Jangan Buat CTA yang Membosankan!

Coba perhatikan setiap kali Anda menerima newsletter dari toko online langganan, ketika masuk ke Facebook atau layanan apapun yang berbau digital ada satu tombol yang megarahkan Anda untuk meng-klik. Ini disebut CTA atau Call To Action. Bila Anda menemukan tombol yang bertuliskan 'Klik Di Sini,' atau 'Beli Sekarang!,' nah itu dia CTA.


Dari hasil survey terhadap tipe-tipe CTA yang bertebaran di dunia digital, terdapat tiga jenis pengelompokkan.


1. CTA standar

Jenis CTA seperti ditujukan bagi publik secara umum tanpa membedakan siapa target marketnya. Tulisan yang sama ditujukan untuk semua orang.


2. CTA variasi

Dua CTA atau lebih ini biasanya sedang melalui tahap testing untuk mencari tahu mana yang lebih diterima oleh publik. CTA yang menghasilkan klik lebih banyak itulah pemenangnya.  


3. CTA personalisasi

Ini adalah jenis CTA yang dibuat secara spesifik menyesuaikan dengan pengelompokan pengunjung web. Bisa berdasarkan lokasi, bahasa, apakah seseorang sudah menjadi member dan lain sebagainya.


Dari ketiga tipe CTA di atas, tipe personalisasi yang memiliki nilai paling tinggi. Perolehan ini dikarenakan perlakuan berbeda yang ditujukan kepada masing-masing kelompok pengunjung web.


Contohnya saja artikel dalam blog dan dibaca oleh semua orang, bisa mencapai hasil yang berbeda dengan CTA yang disesuaikan dengan pembacanya. Ini akan mempengaruhi customer journey ketika mereka masuk ke dalam website Anda.   


  • Kenali pengunjung web Anda

Pertama-tama tentunya Anda harus mengenal dulu profile pengunjung website Anda maupun orang yang sudah menjadi pelanggan. Apakah ia akan lebih cocok untuk dijadikan target penjualan atau target awareness


  • Ciptaan copy yang sesuai profile pengunjung web

Berdasarkan profile pelanggan, Anda bisa meramu copy paling tepat yang memiliki nilai tambah dalam pengalaman mereka selama berada di dalam website Anda. Performa CTA dengan kata yani singkat seperti seperti 'Submit,' bisa jadi hanya sedikit mendapat klik dibanding dengan frase seperti 'Dapatkan Di Sini,' dan 'Daftar Sekarang.'   


  • CTA dan tautan harus sesuai

Jangan lupa untuk menautkan CTA dengan halaman tujuan yang tepat. Tujuan sebuah CTA adalah agar orang men-klik tombolnya untuk kemudian melanjutkan action-nya entah itu di landing page atau sign up page, tergantung dari targeting yang Anda sasar.   



BACA JUGA: Dorong Interaksi Pengunjung Web dengan Cara Ini


 









  


 

Sumber : hubspot.com

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu