Breaking

blog single post
Informasi

Jeli Memilih Jenis-Jenis Seating di Ruang Meeting

Jenis Seating di Ruang Meeting

Setiap ruang meeting hadir dengan konsep dan desain berbeda. Terutama dalam desain seating atau penataan tempat duduk. Beberapa ruangan memiliki desain U-shape, classroom, boardroom, dan lain sebagainya. Setiap penataan tempat duduk yang berbeda itu menawarkan fungsi yang berbeda. Agar tidak salah pilih, tentu Anda wajib mengetahui perbedaaan masing-masing jenis seating.


·        U-Shape

Sebagian besar ruang rapat didesain dengan jenis seating U-shape. Yakni ruang rapat dengan pola kursi berbentuk seperti huruf U. Desain meeting room ini pas untuk meeting medium dengan kapasitas peserta rapat sampai 20 orang.

Jenis seating ini mengusung konsep terbuka dan kekeluargaan agar semua anggota bisa mudah berkontribusi. Dimana penataan kursi berbentuk U akan sangat membantu pembicara utama berinteraksi dengan semua peserta. Selain itu, desain kursi U juga memudahkan setiap peserta mudah berkomunikasi satu sama lain. Akan tetapi, tidak semua ruangan rapat memiliki desain U-Shape lantaran jenis seating ini membutuhkan ruangan yang besar.


·        Boardroom

Satu lagi desain ruang meeting yang cukup umum di tanah lain adalah boardroom. Yaitu sebuah desain ruang rapat dengan meja panjang di tengah-tengah peserta yang diatur saling duduk berhadapan. Seating ruang rapat ini direkomendasikan untuk rapat dengan jumlah peserta sedikit hingga medium.

Jenis seating boardroom diyakini dapat mengoptimalkan komunikasi dan interaksi peserta rapat. Konsep seating ini juga dinilai efektif lantaran memungkinkan semua peserta mencatat hasil rapat secara mudah. Adapun penataan layar proyektor diatur sedemikian rupa di tempat terbaik agar setiap peserta mudah menjangkau pembicara.


·        Classroom

Ruang rapat desain classroom mirip seperti desain ruang kelas di sekolah. Dimana meja dan kursi ditata berjajar ke belakang dengan fokus utama di depan. Jenis seating ini dapat mengakomodir peserta dalam jumlah sedikit, medium, hingga besar.

Namun, sayangnya jenis seating ini tdiak dapat memastikan semua peserta mendapat informasi secara penuh. Apalagi jika ada terlalu banyak peserta. Pasalnya fokus peserta rapat di urutan paling belakang bisa jadi sangat kecil. Apalagi jika peserta rapat di urutan depat mengganggu, tentu peserta rapat lain yang ada di belakang dapat terdistraksi.


·        Teater

Bagi Anda yang ingin menggelar rapat besar, bisa mempertimbangkan seating teater. Konsepnya cukup mirip dengan classroom, hanya saja bedanya ada jalan terbuka di sisi tengah. Jalanan tersebut memisahkan tempat duduk di sebelah kanan dan kiri.

Seating teater umumnya diaplikasian di meeting room berukuran besar. Karenanya biasanya disediakan sound system, pencahayaan, dan layar ganda untuk memudahkan peserta rapat di sisi belakang menangkap materi rapat. Namun, jenis seating ini membatasi interaksi peserta dan biasanya peserta hanya menjadi pendengar pasif.


·        Banquet

Jenis seating ruang rapat ini cukup jarang di terapkan di tanah air. Adapun bila ada biasanya hadir dengan tatanan mewah dan eksklusif. Dimana penggunaannya tidak hanya untuk ruang rapat saja, melainkan juga sekaligus menjadi ruang makan.

Meeting room bergaya banquet biasanya cukup memakan ruang. Hal ini karena biasanya antara meja yang satu dengan meja lainnya dibuat dengan jarak cukup jauh. Sehingga terdapat ruang yang tidak digunakan di antara meja. Sementara ukuran meja cukup besar berbentuk bundar dengan kapasitas 6 sampai 8 orang.

Meski demikian, desain banquet memungkinkan bounding lebih yang mendekatkan para peserta. Hal ini karena pembagian tempat duduk didasarkan pada divisi, tim diskusi, atau posisi jabatan. Hanya saja banquet membutuhkan ruang lebih besar dengan harga sewa lebih mahal. Karenanya biasanya seating banquet dipilih saat rapat digabung acara besar. Seperti acara general yang melibatkan semua peserta rapat. Sebut saja seperti acara makan siang, makan malam, atau lain sebagainya.


Apakah Anda mendapat tugas untuk mencari ruang rapat terbaik? Bagi Anda yang masih kesulitan mencari ruang rapat sesuai kebutuhan kini ada aplikasi SpotQoe. Sebuah aplikasi yang siap membantu memudahkan pekerjaan Anda.


SpotQoe merupakan sebuah platform untuk memesan ruang online dengan tawaran harga terbaik. Dimana platform ini dirancang sedemikian rupa agar mampu membantu Anda dalam pencarian, pemilihan, dan sekaligus pemesanan meeting space, working space, maupun event space. Aplikasi ini menawarkan bermacam ruangan nyaman seperti coffe shop, restaurant, hotel, sampai coworking space populer di tanah air. Ada banyak rewiew ruang meeting paling recommended untuk Anda pilih.

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu