Breaking

blog single post
Informasi

Jenis Mitra Bisnis

Berbisnis dengan teman ataupun kenalan bisa menjadi menyenangkan dan menguntungkan. Namun Anda harus tahu dulu hal-hal yang berkaitan dengan kemitraan dalam berbisnis, agar Anda tidak salah langkah dan bisnis dapat berjalan lancer. Berikut SpotQoe bagikan artikel mengenai kemitraan dalam bisnis serta jenis mitra bisnis.


Apa itu Mitra dalam Kemitraan?

Kemitraan adalah jenis bisnis yang unik. Dalam kemitraan setidaknya terdapat minimal dua pemilik, sampai dengan ribuan pemilik. Pemilik yang bermitra dalam bisnis berbagi keuntungan dan kerugian, sesuai dengan ketentuan perjanjian kemitraan yang telah ditandatangani ketika bergabung dalam kemitraan.

Untuk membentuk kemitraan, ada beberapa hal yang perlu dilakukan, seperti mendaftarkan kemitraan di wilayah mana dirinya akan melakukan bisnis, dan membuat perjanjian kemitraan yang mendefinisikan tanggung jawab setiap mitra, berbagai jenis mitra, bagaimana mitra akan dibayar, dan bagaimana menangani perubahan dalam kemitraan.


Mengapa Memiliki Jenis Mitra yang Berbeda?

Ketika sebuah kemitraan terbentuk, beberapa mitra potensial mungkin menginginkan peran yang berbeda dari yang lainnya. Beberapa ingin berkontribusi melalui kucuran dana, sedangkan yang lain tidak ingin menyumbang uang tetapi bersedia bekerja untuk mendapatkan gaji. Berikut beberapa jenis mitra dalam bisnis:

  1. Jenis Mitra berdasarkan Kontribusi

Semua mitra, baik umum maupun terbatas, berkontribusi pada kemitraan, baik di awal pendirian perusahaan atau saat bergabung. Jumlah mitra yang berkontribusi biasanya menentukan persentase kepemilikannya dari kemitraan. Namun persentase kepemilikan kemitraan tidak ada hubungannya dengan tanggung jawab masing-masing mitra. Kewajiban didasarkan pada partisipasi kerja kemitraan.

  1. Jenis Mitra oleh Tugas dan Tanggung Jawab

Cara lain untuk membedakan mitra adalah memberi mitra berbagai tingkat tanggung jawab atas kerja hariannya. Beberapa kemitraan memiliki tingkat mitra yang berbeda, berdasarkan posisinya. Beberapa perusahaan besar akan memiliki mitra pengelola, yang bertanggung jawab atas jalannya kemitraan secara keseluruhan. Dalam tingkatan yang lebih rendah kemitraan diantaranya terdiri dari mitra senior, mitra junior, dan mitra rekanan.


Apa Perbedaan Antara Mitra Umum dan Mitra Terbatas?

Mitra umum dalam kemitraan berpartisipasi mengelola kemitraan dan secara pribadi bertanggung jawab atas kewajiban kemitraan. Berbeda dengan mitra umum, mitra terbatas adalah mitra yang memiliki bagian dalam kemitraan, namun tidak mengambil bagian dalam mengelola kemitraannya. Mitra terbatas terkadang disebut sebagai "mitra tidur," karena mereka berkontribusi tetapi tidak melakukan apa pun.  Mitra terbatas tidak bertanggung jawab atas jumlah yang lebih besar dari investasi awal dalam kemitraan.

Baik mitra terbatas maupun mitra umum, sama-sama menerima bagian dalam laba dan kerugian dari kemitraan (dikenal dengan istilah pembagian distributif), berdasarkan persentase pembagian kepemilikan kemitraan mereka, sebagaimana yang tertuang dalam perjanjian kemitraan.



Baca Juga : Portofolio Bisnis Astragraphia

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu