Breaking

blog single post
People

Jenis Tanaman Indoor dengan Manfaat Kesehatan

Seperti halnya dekorasi rumah yang ditujukan agar penghuninya merasa betah tinggal di dalamnya, ruang kantor pun memiliki kebutuhan yang sama. Meskipun memang karena bukan milik pribadi agak sulit untuk menatanya sesuai preferensi pribadi.


Kesadaran akan pentingnya penghijauan di lingkungan kerja sudah mulai menggerakkan pemegang kebijakan perusahaan untuk memasukan pembuatan taman ke dalam bujet. Masalah kurangnya lahan pada gedung-gedung perkantoran bisa diatasi dengan pembuatan taman vertikal atau tanaman rambat yang menempel di dinding luar gedung. Tampak dari kejauhan tanaman rambat ini memberi warna berbeda dengan adanya warna-warna yang menyegarkan mata dibanding kaca-kaca bangunan yang mendominasi.


Dengan tujuan yang sama Anda pun bisa memulai penghijauan di dalam ruang kantor dengan membeli tanaman berukuran kecil di dalam pot. Bila diperbolehkan Anda bisa merancang beberapa ukuran yang pas untuk diletakan di atas meja atau di sudut-sudut ruangan.


Tips sebelum berbelanja tanaman yaitu belilah tanaman yang mudah perawatannya dan cantik tampilannya. Anda kan ingin agar ruang kantor sedap dipandang, bukan mengubahnya menjadi hutan.


Beberapa jenis tanaman yang cantik untuk diposisikan di dalam ruangan antara lain:


1. Kaktus mini


Gambar: unsplash.com


Anda bisa dengan mudah menemukan kaktus mini di lapak-lapak pedagang tanaman dalam berbagai bentuk. Pada umumnya tanaman membutuhkan sinar matahari dan air dalam jumlah banyak, tidak begitu halnya dengan kaktus. Kelebihan dua unsur itu justru akan membuat kaktus membusuk dan mati. Cocok untuk orang yang kurang telaten dalam mengurus tanaman namun tetap ingin agar meja kerjanya terlihat hidup dengan adanya kaktus.


2. Bambu hias

Gambar: nl.sdlcdn.com


Tanaman yang berasal dari cina dan Jepang ini bisa bertahan dengan di tempatkan di dalam wadah berisi air. Hanya saja Anda harus rajin mengganti airnya supaya tidak kotor.


3. Bunga Garbera Daisy

Gambar: itjeher.com


Warna warni yang ditampilkan bunga Daisy memberi nuansa segar pada ruang kantor yang biasanya hanya dipenuhi oleh komputer, telepon dan peralatan kerja lainnya yang lebih fungsional dibanding artistik. Batang bunga Daisy cukup di taruh ke dalam wadah berisi air bersih dan tempatkan di area yang terkena sinar matahari.


4. Spider Plant

Gambar: itjeher.com


Tumbuhan yang memiliki daun panjang menyerupai kaki laba-laba ini memiliki daya serap yang tinggi terhadap racun di udara. Bila diletakan di dalam ruang kantor akan membantu untuk membersihkan sirkulasi udara di dalam ruangan sehingga kesehatan oran-orang yang bekerja di dalamnya pun terjaga.


5. Aglonema

Gambar: costafarms.com


Corak daunnya yang menawan membuat tanaman ini populer, khususnya karena dapat bertahan lama di dalam ruangan ber-AC. Kemampuannya untuk menyerap partikel berbahaya menjadikan Aglonema cocok ditempakan di dalam ruang kantor.


6. Peace Lili


Gambar: arozona.zendesk.com


Tanaman dengan kuncup bunga seperti tulip dengan daun berwarna hijau dapat membantu membangun mood setiap harinya sehingga Anda semakin bersemangat dalam bekerja.




 



Sumber : bibitbunga.com; itjeher.com

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu