Breaking

blog single post
Profesionalisme

Jenis Training Yang Bisa Kembangkan Karyawan

Training atau pelatihan terkait Sumber Daya Manusia sangat penting untuk semua jenis perusahaan. Tercipta menjadi makhluk yang seringkali merasa bosan, seseorang selalu membutuhkan tantangan dan hal baru sepanjang hidupnya. Training atau pelatihan sumber daya manusia (SDM) akan memungkinkan karyawan sebuah perusahaan meningkatkan kedisiplinan, meningkatkan produktifitas, meningkatkan etos kerja, mengembangkan kompetensi kerja, mengetahui keahlian baru hingga mempelajari inovasi - inovasi baru yang berhubungan dengan pekerjaan karyawan itu sendiri. Dengan kata lain training SDM bisa menjadi sarana bagi karyawan untuk mendapatkan ilmu baru yang bermanfaat bagi perusahaan.



Dalam divisi SDM sendiri terdapat lima jenis training yang biasa diselenggarakan, untuk mendatangkan manfaat baik bagi karyawan maupun perusahaan:


1. Retraining

Disebut juga pelatihan ulang adalah training SDM yang diberikan kepada karyawan untuk menghadapi tuntutan kerja yang semakin hari semakin berkembang. Ilmu pengetahuan, teknologi serta dunia yang terus berkembang mengharuskan orang-orang untuk  beradaptasi dan maju, tidak terkecuali para karyawan sebuah perusahaan. Karyawan harus selalu menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman sehingga mempunyai bekal kompetensi yang tidak kalah dengan karyawan dari perusahaan lainnya.


2. Skill Training

Skill training atau pelatihan keahlian adalah jenis training yang diadakan dengan tujuan agar peserta atau karyawan mampu menguasai sebuah keterampilan baru yang berhubungan dengan pekerjaannya. Ketrampilan yang diajarkan dalam pelatihan biasanya diberikan kepada karyawan yang dianggap belum mahir terhadap keahlian tertentu. Training manajemen atau training leadership merupakan contoh skill training.


3. Creativity Training

Training kreatifitas merupakan salah satu jenis training SDM yang ternyata bisa dipelajari. Di sebuah perusahaan terdapat posisi dan jabatan yang membutuhkan kreatifitas dalam berkarya seperti marketing, promosi dan lain sebagainya. Karyawan dengan posisi dan jabatan tersebut dituntut untuk bisa kreatif dalam melahirkan ide – ide baru yang segar dan inovatif untuk kepentingan dan keuntungan sebuah perusahaan.


4. Cross Functional Training

Selanjutnya adalah cross functional training. Merupakan training dimana karyawan diminta melakukan aktivitas pekerjaan tertentu diluar bidang pekerjaan yang ditugaskan. Training ini bermanfaat bagi semua karyawan agar dapat memahami cara kerja organisasi perusahaan secara lebih luas.


5. Team Training

Karyawan harus bisa bekerja secara tim, baik dalam sebuah divisi hingga keseluruhan tim organisasi perusahaan. Training SDM ini memiliki tujuan agar kumpulan karyawan yang bekerja secara bersama-sama ini terbiasa bekerja dalam tim, mampu menempatkan diri dalam sebuah tim serta mampu bekerja sama dengan anggota tim yang lain sehingga pekerjaan dan tujuan bisa diselesaikan lebih cepat, tepat dan efektif.


Sebelum mengadakan training, biasanya perusahaan terlebih dahulu akan melakukan training need analysis atau analisis kebutuhan training. Analisis ini penting untuk mengetahui kebutuhan pelatihan seperti apa yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan. Tidak hanya dapat menentukan jenis pelatihan yang dibutuhkan, analisis kebutuhan training turut  membantu perusahaan dalam menyusun konsep training mulai dari berapa jumlah peserta training, biaya yag dibutuhkan, materi training hingga dimana lokasi training berlangsung.


Menghadirkan suasana yang berbeda sangatlah penting, agar training berjalan nyaman dan menyenangkan. Memilih lokasi training yang tepat di luar kantor, akan lebih mudah dengan banyaknya pilihan ruang meeting di Aplikasi SpotQoe. Di dalam aplikasi SpotQoe sendiri telah tersedia lebih dari 2.500 jenis space yang dapat dicari dan dipilih sesuai kebutuhan para pelaku bisnis seperti pencarian event space dan meeting space.  Space yang anda cari dapat dipesan di SpotQoe secara cepat dan mudah. Pemesanan ruang meeting dan ruang event di SpotQoe dilakukan secara online berbasis website dan mobile, yang dapat di download di Google Play maupun App Store.

 

Baca Juga : 3 Ruangan Training dengan Penamaan yang Unik


Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu