Breaking

blog single post
Informasi

Kamu Pelajar yang Bermimpi Membangun Start Up?

Perusahaan rintisan atau yang lebih dikenal dengan perusahaan startup memang pertumbuhannya sangat meningkat di Indonesia selama beberapa tahun kebelakang. Hadirnya perusahaan rintisan ini pun menjamur di berbagai wilayah di Indonesia dan tidak hanya terpusat di Jakarta saja. Hal tersebut sejatinya dapat dilihat dari banyaknya paket meeting room Jakarta untuk para perusahaan startup yang tersebar di berbagai wilayah Tanah Air.

 

Banyaknya perusahaan startup yang menjamur pun juga menjadikan banyak orang terinspirasi dan mencoba membuat hal yang serupa. Tak hanya itu, banyaknya perusahaan startup di Indonesia juga menghadirkan sebuah bisnis baru yakni jasa sewa ruang seperti coworking space hingga paket meeting room Jakarta untuk para perusahaan rintisan tersebut. Membangun perusahaan startup sejatinya gampang-gampang susah, memang sulit tapi tidak sesulit yang dibayangkan. Akan tetapi, jika Kamu salah perhitungan sedikit saja, maka perusahaan startup Kamu mungkin hanya tinggal kenangan saja.

 

Untuk membangun sebuah perusahaan startup, sejatinya terdapat beberapa tips agar Kamu bisa membangunnya dengan cukup smooth dan jauh dari gejolak bisnis. Kamu bisa memulainya dengan mencari tahu daftar coworking space dan paket meeting room Jakarta termurah yang setidaknya cocok untuk Kamu dan rekan yang lain untuk merumuskan startup jenis apa yang akan dibuat. Pilihan paket meeting secara online yang terlengkap Kamu bisa booking dan pesan melalui SpotQoe.com.

 

Mendefinisikan Start Up

Sebelum mengetahui tips membangun perusahaan startup, terlebih dahulu Kamu harus mengetahui pengertian dari perusahaan startup itu sendiri. Startup adalah perusahaan yang baru saja didirikan dan berada dalam fase pengembangan dan penelitian untuk menemukan pasar yang tepat. Istilah startup kerap kali dihubung-hubungkan dengan perusahaan baru di bidang teknologi dan informasi. Ternyata alasannya adalah karena istilah “startup” menjadi populer secara internasional pada masa bubble dot-com (tahun 1998 hingga 2000), karena banyak perusahaan dot-com didirikan secara bersamaan pada periode tersebut. Makanya, ketika banyak perusahaan startup lahir di Indonesia, terdapat banyak pula perusahan penyedia jasa paket meeting room Jakarta dan sewa ruangan online.

 

Dengan demikian, banyak perusahaan yang memanfaatkan internet sebagai sarana mengembangkan bisnisnya hingga lahirlah bisnis startup itu. Hal ini juga menjadi perhatian serius bagi penyedia jasa paket meeting room Jakarta hingga coworking space karena sebagian besar perusahaan startup sangat dekat sekali dengan internet.

 

Baca Juga: 3 Kesalaan yang Sering Dilakukan Start Up dalam memulai Usaha

 

Nah, setelah Kamu memahami apa itu startup, kini tiba saatnya untuk mengetahui tips-tips memulai perusahaan startup, seperti berikut.


Mengetahui Masalah yang Ada di Masyarakat

Kamu bisa memulai bisnis dengan melihat 'masalah' yang ada di masyarakat. Ini cara terbaik untuk mulai membangun startup. Kamu bisa memulainya dari problem yang dialami oleh pasar. sebagai contoh, perusahaan startup Gojek yang sangat bagus melihat masalah yang ada di masyarakat. Mereka akhirnya menghadirkan solusi transportasi yang bertujuan untuk memecah masalah tersebut. Pada tahapan ini, Kamu harus banyak melakukan riset tentang masalah apa yang sedang ada di masyarakat untuk kemudian menghadirkan solusinya.

 

Kenali Ekosistemnya

Tips selanjutnya yang perlu Kamu jalankan adalah dengan mencoba mengenali ekosistem yang ada. Pasalnya, sangat penting para pelaku usaha starup untuk mengenal ekosistem bisnisnya. Jangan semua mau bergerak sendiri hanya berdasarkan pengetahuan pribadi. Penting untuk pemilik startup mempunyai mentor atau konsultan karena kegagalan utama startup adalah nggak kenal ekosistemnya. Mereka nggak punya mentor, mereka hanya melakukannya based on research jadi hanya tahu kalau barang ini laku tapi nggak kenal ekosistem bisnisnya.

 

Punya Visi yang Besar

Perusahaan startup wajib memiliki vusu yang besar. Pasalnya, Kamu harus mempunyai visi-misi dalam jangka waktu panjang. Tidak hanya memikirkan bisnis yang dibangun saat ini tapi juga memiliki formulasi untuk pengembangannya.

 

Jangan Salah Pilih Investor

Perusahaan startup tentu menginginkan cepat mendapatkan seorang investor untuk mendanai bisnis mereka. Tapi, sejatinya Kamu perlu selektif dalam memilih investor untuk menjalankan bisnis Kamu. Kini mendapatkan investor tak hanya buat modal tapi juga mempertimbangkan model bisnis ke depannya. Ketika Kamu sudah tidak satu visi dan misi dengan investor sebaiknya mencari yang lain karena sangat mempengaruhi perkembangan bisnis nantinya. Saat sebuah startup sudah memiliki value dan produk yang bagus di pasar, tak perlu takut untuk kehilangan investor. Justru akan banyak investor yang datang dan Kamu harus hati-hati dalam memilihnya.

 

Baca Juga: Cara Menjadi Pemipin di Era Disruptif

 

Nah, saat proses bertemu denan para calon investor ini, tidak ada salahnya jika dalam beberapa kali Kamu yang menentukan waktu dan tempat perjanjian. Baik itu, di hotel, coworking space, maupun restoran dengan berbagai konsep dan ambience, Kamu bisa menggunakan jasa SpotQoe.com sebagai layanan pemesanan paket meeting room Jakarta dan kota-kota besar lainnya. SpotQoe memiliki lebih dari 4000 mitra paket meeting room yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu