Breaking

blog single post
Profesionalisme

Kebiasaan- kebiasaan Baik untuk Meningkatkan Produktivitas Tim

Bekerja di dalam tim artinya baik buruk dirasakan bersama. Pun begitu halnya dalam menakar semangat setiap personil dari tim. Tidak semua memiliki motivasi yang sama dan karenanya pencapaian setiap orang juga bisa berbeda-beda. Bila terdeteksi bahwa produktivitas tim Anda menurun maka sudah saatnya me-recharge merek kembali.


Tujuan yang lebih tinggi membangun produktivitas & keterlibatan tim

- Misi yang jelas sebagai landasan sebuah tim kerja dapat menyatukan dan menginspirasi masing-masing anggota untuk saling bahu membahu.


- Tim juga akan semakin terpacu ketika mengerjakan sesuatu yang berarti dan berdampak bagi keseluruhan organisasi perusahaan.


- Sebuah studi menemukan bahwa tim yang terdiri dari orang-orang yang terlibat secara langsung memiliki produktivitas melebihi tim yang anggotanya kurang terlibat.


Saling menghormati dan empaty dapat meningkatkan IQ

Studi yang dipimpin oleh People Analytics Manager dari google, Julia Rozovsky, menemukan bahwa individuindividu yang menunjukkan tingkat empati tinggi jarang yang meninggalkan perusahaan tempatnya bekerja. Mereka juga lebih mudah berbagi dan menerima ide-ide baru.  


Tim dengan produktivitas yang tinggi merupakan hasil dari saling memahami satu sama lain sehingga menciptakan lingkungan yang aman bagi anggota tim tanpa merasa kuatir akan adanya penolakan.


Bagaimana cara memfasilitasinya?

1. Anggap pekerjaan sebagai ajang belajar

2. Ketahui kemampuan tim Anda

3. Pancing rasa keingintahuan



Terlalu banyak interupsi bisa membunuh produktifitas

Setiap anggota tim memiliki gayanya sendiri baik dalam bekerja maupun dalam berkomunikasi. Dan tidak jarang persinggungan antar pekerjaan ini menghambat produktifitas, karena itulah dibutuhkan adanya perangkat yang bisa dikolaborasikan agar tidak saling mengganggu antar individu.



Berbagi pengetahuan dengan sesama anggota tim

Dibanding mencari sendiri informasi yang dibutuhkan, akan lebih efektif bila oran-orang dalam tim terkait saling berbagi informasi. Karena rata-rata para pekerja menghabiskan sebanyak 20% waktunya mancari informasi berkaitan dengan suatu permasalahan.

Bila ada rekan yang sudah pernah menemukan masalah yang sama dan mendokumentasikannya, Anda tinggal mempelajarinya lasngsung dari pelakunya.


Chemistry dan kepuasan dalam tim menghasilkan peningkatan

Para peneliti dari Universitas Warwick menemukan fakta bahwa kebahagiaan menghasilkan peningkatan produktivitas sebanyak 12%, semenetara produktivitas pekerja yang tidak bahagia menurun hingga 10%.     





















     
















Sumber : berbagai sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu