Breaking

blog single post
Informasi

Kerja Nyaman Saat WFH Selama Pandemi COVID-19

Work from Home (WFH) semakin banyak diberlakukan perusahaan sebagai upaya memberlakukan social distancing agar penyebaran pendemi COVID-19 dapat diminimalisisr. Akan tetapi, tidak jarang, WFH menjadi bomerang. Bukannya mem uat pekerja bekerja nyaman, malah menimbulkan gangguan kesehatan seperti sakit punggung dan stres.


Perlu diperhatikan oleh semuanya, bahwa saat melakukan WFH sangat penting untuk memastikan Kamu merasakan kerja yang nyaman. Untuk itu, berikut beberapa tips kerja nyaman agar selalu produktif selama WFH dari blackentreprise.com yang telah dirangkum olehSpoetQoe.com.


1.    Buat Ruang Kerja Pribadi

Selama WFH, para pekerja mungkin bisa menyelesaikan tugas dengan lebih fleksibel. Akan tetapi, disarankan untuk bekerja di ruang atau sudut khusus agar lebih mudah berkonsentrasi dibandingkan di tempat tidur atau sofa. Untuk itu, sebaiknya siapkan meja khusus, jika tidak punya meja belajar Kamu bisa memanfaatkan meja lipat atau meja laptop. Buat ruang bekerja dengan menyiapkan perlengkapan seperti di kantor. Misalnya, peralatan tulis seperti buku, pulpen dan pisnil, bingkai foto, to do list, target, dll. Dengan begitu, setidaknya Kamu menciptakan ambience ruang kerja.


2.    Posisi Duduk

Poin yang kedua ini sangat berhubungan dengan yang pertama. Kamu tidak disarankan untuk WFH di sofa atau kasur karena akan memengaruhi pola duduk. Jika berkelanjutan, tentu saja akan membuat punggungmu tidak nyaman bahkan merasakan sakit. Nah, bagi Kamu yang bekerja dengan menggunakan laptop atau komputer, dianjurkan untuk bekerja dengan mengunakan kursi yang tegak. Jika tidak memiliki kursi, sebaiknya Kamu melakukan posisi duduk yang tegak tanpa bersandar. Jika merasa lelah, Kamu bisa istirahat secara berkala. Lakukan hal ini secara berulang selama WFH sampai kamu mersakan posisi kerja nyaman.


3.    Kesehatan Mata

Mata juga memengaruhi kenyamanan bekerja di rumah selama WFH di masa krisis pandemi COVID-19. Ya, mata yang sehat tentu akan membuat bekerja pun menjadi lebih enjoy. Bagi orang-orang yang merasa mata lebih cepat kering, sebaiknya sediakan obat tetes. Selain itu, kurangi penggunaan gadget jika dirasa tidak diperlukan. Seperti menonton Netflix atau YouTube sambil bekerja, dan kurangi brightness pada layar komputermu.


Apabila kamu menggunakan kipas angin, jangan arahkan juga ke depan wajah. Karena angina yang memasuki mata akan membuat mata lebih cepat kering, bahkan kering, apalagi jika kipasmu jarang dibersihkan alias berdebu. Untuk memaksimalkan kesehatan matamu, sebaiknya gunakan lampu khusus membaca. Untuk menunjang kerja nyaman saat WFH selama pandemi COVID-19, jangan menggunakan lampu kamar yang redup yaa!


4.    Jalin Komunikasi Intens

Salah satu masalah WFH yang kerap ditemui mungkin adalah rasa bosan. Bagaimana tidak, Kamu yang bisanya bekerja sambil bercengkrama dengan teman, bersosialisasi dengan orang baru setiap harinya, kini harus berdiam diri dirumah. Pasti terasa membosankan. Untuk mengantisipasinya, Kamu perlu untuk menjaga komunikasi personal dengan teman-teman di tengah pekerjaan. Misalnya selama bekerja mengaktifkan mode conference call, sehingga saat Kamu bekerja tidak merasa sepi. Selain membahas pekerjaan, Kamu juga bisa membicarakan hal seru lain agar tidak mudah stres.


5.    Istarahat Berkala

Bekerja di rumah terkadang membuat orang lupa istirahat dan melewatkan makan. Hal itu perlu kamu hindari mengingat selama pandemi COVID-19 masih menghantui, Kamu sangat perlu ntuk menjaga kesehatan. Karenanya, pastikan untuk selalu berolahraga, tidak perlu yang berat, stretching ringan secara berkala pun cukup. Kemudian pastikan Kamu makan asupan yang sehat, banyak minum air putih, dan tidur yang cukup. Dengan beitu, Kamu telah melakukan tahap yang benar untuk memulai kerja nyaman saat WFH selama pandemi COVID-19 berlangsung.


Kelima poin di atas adalah tips agar Kamu merasa lebih nyaman saat WFH selama krisis pandemi COVID-19. Semoga tips ini bisa membantu dan kita semua bisa melewati masa-masa sulit ini dengan baik sehingga bisa beraktifitas normal seperti sedia kala dan Kmau kembali bisa bekerja di Coworking Space dengan memesan di SpotQoe.com.
 

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu