Breaking

blog single post
Profesionalisme

Komunikasi Lancar Meski Bekerja dengan Tim yang Tersebar di Belahan Dunia Lain

Bekerja dengan tim yang berjauhan sudah tidak aneh lagi di jaman sekarang ini. Tinggal bagaimana Anda mengatur kapan waktu yang tepat untuk melakukan konsolidasi. Dan teknologi sudah sangat memudahkan untuk mendukung kelancaran komunikasi sehingga perbedaan batas negara sudah tidak lagi menjadi masalah.

  1. Selalu kirimkan undangan meeting via email

Mengirimkan undangan satu hari sebelum waktu rapat akan memberi waktu bagi semua anggota  tim Anda untuk membaca dan merespon. Bila ada di antara mereka yang sudah punya jadwal lain dan sebagainya, Anda juga punya waktu mengatur kembali jadwal meeting bersama.

  1. Cari tahu kapan waktunya break makan siang

Kebiasaan kerja di setiap negara bisa saja berbeda-beda. Seperti halnya para pekerja di Perancis bisa beristirahat 1 sampai 2 jam lamanya. Atau pekerja Jepang yang memanfatkan waktu istirahat siang untuk tidur. Dengan mengetahui hal-hal kecil semacam ini komunikasi tentu akan menjadi lebih terarah dan yang terpenting adalah menghindari kesalahpahaman.

  1. Ketahui jam produktif dan kebiasaan tim Anda

Sebagian besar orang memang bekerja pada jam normal di pagi hingg sore hari, namun bagi sebagian lagi tidak begitu ceritanya. Orang-orang seperti ini terkadang justru bisa lebih konsentrasi bila bekerja di malam hari. Nah bila Anda menemui anggota tim yang seperti ini maka bangunlah komunikasi dnegannya di saat ia terjaga. Memang butuh pengorbanan karena itu adalah waktunya Anda beristirahat. Tapi itulah resiko memiliki tim yang berjauhan.    

  1. Berkomunikasi dengan efektif

Jangan pernah menganggap bahwa komunikasi melalui email atau chat sudah cukup. Itu salah. Benar bahwa karena lokasi yang berjauhan maka Anda mengandalkan teknologi, justru karena itulah Anda tetap bisa bertatap muka melalui Skype, Slack atau Google Duo.

  1. Gunakan perangkat penjadwalan yang fleksibel   

Gmail sudah cukup mewakili kategori yang satu ini. Dengan meng-add kalender rekan kerja maka Anda sudah bisa melihat jadwal harian mereka. Minta juga mereka untuk mengupdate apa saja yang dikerjakan setiap harinya beserta perkembangannya.


Tips ini tidak hanya bisa diterapkan pada tim yang berbeda negara, berbeda daerah maupun kota pun tetapi bisa mengimplementasikan tips ini.


Baca juga: 6 Trik Menyinergikan Tim dengan Sistem Kerja Remote

 

 

 

 

 

Sumber : berbagai sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu