Breaking

blog single post
People

Latihan Otak untuk Semua Umur

Kebugaran otak sama pentingnya dengan kebugaran tubuh. Karena itu melatih otak secara teratur penting dilakukan untuk menjaga agar pikiran Anda tetap tajam. Olahraga otak atau biasa disebut brain exercise memiliki manfaat yang sama baiknya dengan olahraga fisik bagi kebugaran tubuh.


Anda bisa melaih otak melalui aktivitas rutin harian karena sudah berjalan secara bawah sadar sehingga tidak membutuhkan kerja otak yang berat. Sisi buruknya adalah ruitnitas ini membuat otak Anda menjadi tumpul karena tidak distimulasi oleh hal-hal yang baru.


Brain excercise dapat menghasilkan sesuatu yang positif bagi otak Anda, antara lain:

  • meminimalisir stres

  • ingatan yang lebih tajam

  • mood positif

  • fokus dan konsentrasi meningkat

  • mendorong motivasi dan produktifitas

  • mengasah kecerdasan, kreativitas dan fleksibilitas mental

  • melatih berpikir serta bereaksi cepat

  • kepercayaan diri meningkat

  • penglihatan dan pendengaran semakin tajam


Latihan-latihan yan baik untuk otak:

1. Barganti tangan

Bila Anda terbiasa menggunakan tangan kanan dalam setiap aktivitas, kini cobalah mengoptimalan tangan kiri untuk menyikat gigi, menulis dan kegiatan lainnya menggantikan tangan kanan.


2. Makan menggunakan sumpit

Tidak semua orang pandai menggunakan sumpit untuk makan padahal ini akan memaksa Anda untuk makan secara perlahan sehingga pencernaan terkontrol dan juga baik bagi otak. Bila ingin mencoba sekalian saja pegang sumpit dengan tangan kanan atau lirai yang jarang Anda gunakan untuk makan.  


3. Ambil rute perjalanan yan9 berbeda-beda

Apakah Anda berkendara atau menggunakan transportasi umum, cobalah untuk memiliki beberapa jalur alternatif agar tisak sellalu melewati jalan yang itu-itu saja. Latihan ini dianggap dapat mengaktifkan cortex dan hippocampus Anda.


Kabarnya Bill gates dengan sengaja mengambbil rute berbeda setiap kali berkedara dari rumah ke tempat kerjanya untuk menstimulasi otaknya.


4. Membaca buku dengan dikeraskan

Membaca buka biasanya dilakukan dalam hati bukan? Nah cobalah sesekali Anda membaca buku dengan suara. Anggap saja sedang mendongeng untuk anak Anda. Ini akan membantu menstimulasi imajinasi Anda.


Sebuah studi pada tahun 2008 membuktikan bahwa kecerdasan sesungguhnya bisa ditingkatkan dengan stimulasi yang tepat. Peningkatan ini juga tergantung dari berapa banyak latihan yang Anda lakukan. Semakin sering Anda berlatih, semakin berkembang juga kemampuan otak Anda.   


BACA JUGA: Kontribusi Pola Pikir Sehat Terhadap Peningkatan Karir

 





















 

Sumber : bebrainfit.com

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu