Breaking

blog single post
Profesionalisme

Manajemen Aplikasi dalam Satu Jendela untuk Produktivitas Kerja

Membangun komunikasi yang lancar di dalam tim harus ditunjang dengan sistem yang memadai. Fitur-fitur seperti share file atau video call dapat membantu kelancaran kerja serta produktivitas dalam tim meski sedang berada di tempat-tempat berbeda. Ada berapa banyak aplikasi chat yang anda install di smartphone? Dan apakah Anda aktif menggunakan semua channel? Ada baiknya gunakan satu aplikasi saja yang dapat mengintegrasikan samua aplikasi dalam satu platform


Franz

Aplikasi ini dapat mengintegrasikan beberapa aplikasi chatting menjadi satu kesatuan. Aplikasi Franz mendukung Slack, WhatsApp, WeChat, HipChat, Facebook Messenger, Telegram, Google Hangouts, GroupMe, Skype, dan masih banyak lainnya lagi.

Sumber: meetfranz.com

 

Anda juga bisa memberikan semacam label nama pada setiap aplikasi yang aktif. Contoh nama pribadi untuk kegiatan yang bersifat personal atau nama perusahaan untuk kegiatan bisnis.

 

Setiap aplikasi membutuhkan otentikasi yang berbeda-beda. Contoh jika Anda ingin menghubungkan aplikasi WhatsApp dengan aplikasi Franz. Anda perlu melakukan scanning barcode terlebih dahulu.

 

Atau aplikasi chatting lain semisal telegram, berarti Anda harus memasukan nomor telegram yang aktif, dan memasukan kode login yang bisa Anda dapatkan pada pesan yang dikirimkan oleh Telegram service notification.

 

Aplikasi gratis ini dapat berjalan pada sistem operasi Windows 7 ke atas, Mac OS versi 10.9 ke atas, dan Linux.

 

All in One Messenger

 

Sejauh ini ada 27 layanan yang didukung, termasuk yang populer seperti WhatsApp, Telegram, WeChat, Skype, Facebook Messenger, Google Hangouts, Slack, Yahoo Messenger sampai Steam. Usai di-install, All-in-One Messenger akan meminta pengguna untuk mencantumkan satu per satu akun layanan messaging yang hendak digunakan.

 

Sumber: dailysocial.id

 

Tampilannya sendiri persis seperti versi web dari masing-masing layanan tersebut. Tugas All-in-One Messenger hanyalah menggabungkannya dalam satu jendela, dengan deretan tab di bagian atas.

 

Berpindah dari satu tab ke yang lain juga bisa melalui keyboard shortcut. Di PC, shortcut-nya adalah Ctrl + (angka 1 – 0), urut dari tab yang paling kiri sampai ke kanan.

 

Aplikasi ini layak dicoba apabila sehari-hari Anda disibukkan dengan banyaknya pesan pribadi maupun yang berkaitan dengan pekerjaan. Anda bisa mendapatkannya secara cuma-cuma Chrome Web Store.

 

Agak sedikit berbeda dengan aplikasi Franz yang hanya bisa dijalankan di Windows dan Mac, aplikasi All-in-One Messenger sedikit lebih fleksibel karena juga bisa digunakan di Linux.

 

 

Sedikit informasi bagi yang mungkin belum terlalu mengenal aplikasi untuk produktivitas kerja, berikut tida diantaranya


1. Slack

Slack adalah alat kolaborasi tim berbasis cloud yang dapat digunakan untuk komunikasi chatting, manajemen project, dan berbagi file. Selain itu, Slack juga mendukung aplikasi pihak ketiga yang dibutuhkan oleh developer untuk bisa sharing kode dengan mudah dan menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.

 

2. Google G Suite

G Suite adalah paket layanan berbasis cloud storage untuk bekerja sama secara online bagi perusahaan atau sekolah. Tidak hanya menggunakan email dan chat, tapi juga melalui konferensi video, media sosial, kolaborasi dokumen dalam waktu nyata, dan banyak lagi.


Cukup mendaftar ke akun G Suite yang menyediakan nama domain yang ingin digunakan dengan layanan Google. Setelah terverifikasi sebagai pemilik domain, kamu dan tim kamu dapat mulai menggunakan Gmail, Kalender, Drive, dan layanan inti G Suite lainnya, serta layanan tambahan seperti Google+, Hangouts, Blogger, dan banyak lagi.


3. Workplace by Facebook

Workplace by Facebook diluncurkan pada 2016 lalu untuk kebutuhan komunikasi internal organisasi yang semakin mobile dan digital.

"Workplace by Facebook membantu menghubungkan karyawan yang jarang berinteraksi dengan email dan membangun budaya keterbukaan serta kolaborasi internal yang semakin kuat ujar Country Director Facebook Indonesia Sri Widowati.

 

Aturlah agar kesemuanya tidak malah merepotkan Anda. Karena pada dasarnya semua aplikasi ini diciptakan untuk semakin mempermudah hidup manusia.

 

 

Baca juga: Komunikasi Lancar Meski Bekerja dengan Tim yang Tersebar di Belahan Dunia Lain


 


Sumber : berbagai sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu