Breaking

blog single post
Profesionalisme

Membuka Jalur Komunikasi dengan Calon Sponsor

Mencari sponsor adalah bagian dari perencanaan sebuah event. Pertanyaannya adalah bagaimana cara yang tepat agar target sponsor Anda tercapai? Tahapannya adalah membuat orang mengetahui project event Anda, baru kemudian bersedia untuk membuat janji temu. Triknya adalah mengirimkan pesan dengan menggunakan salah satu dari 3 konsep berikut kepada calon sponsor yang Anda tuju.  


  1. Email pengingat perkenalan

Seseorang yang baru Anda kenal di acara startup minggu lalu mungkin saja orang yang tepat untuk menjadi sponsor pada event mendatang Anda. Tapi masalahnya apakah ia masih mengingat Anda? Mudah saja, kirimkan email bernada casual yang sifatnya mengingatkan kembali perkenalan Anda lalu sampaikan apa maksud Anda menghubunginya.


"Hai Dewi,

 

Senang bisa kenal dengan kamu di acara startup minggu lalu (sebut nama acara dan tanggalnya). Saat ini saya sedang merencanakan event bisnis, siapa kira-kira orang di perusahaan kamu yang bisa saya hubungi mengenail hal ini?

 

Thanks,

Laras"


 

  • Penulisan tempat di mana Anda dan dia bertemu penting untuk membantunya mengingat kembali acara yang Anda berdua hadiri

  • Ini juga menunjukkan bahwa Anda menghargai orang lain dan ini menjadi nilai plus



  1. Pesan tak dikenal

Kebalikan dari email pertama, kali ini yang akan Anda kirimi pesan adalah orang yang sama sekali belum Anda kenal sebelumnya. Masuknya ke dalam LinkedIn dan carilah orang dengan pengalaman menangani berbagai project event lalu kirimkan private message dengan memposisikan diri Anda sebagai orang yang membutuhkan saran dari orang yang lebih memahami seluk beluk event.  


"Hai Dewi,


Saya baca di profil LinkedIn, perusahaan Anda banyak mengerjakan project skala besar. Saat ini saya juga sedang merencanakan event dan membutuhkan saran. Kalau tidak keberatan saya ingin minta waktu untuk berdiskusi.


Thanks,

Laras"


  • Buatlah pesan yang singkat agar tidak bertele-tele

  • Langsung undang yang bersangkutan untuk bertemu agar maksud Anda mengirim pesan jadi lebih jelas.



  1. Sebut nama referensi

Bisa saja Anda mendapat rekomendasi dari orang lain mengenai pihak-pihak yang biasa berurusan dengan sponsor. Nah Anda bisa menggunakan nama pemberi rekomendasi sebagai faktor penguat.


"Hai Dewi,


Saya mengirim email ini atas rekomendasi dari Lulu, karena infonya perusahaan kamu berminat sengat event-event kebudayaan.


Maka itu saya ingin sekali untuk bertemu dan membicarakan kemungkinan kerja sama untuk acara yang sedang saya susun.


Apa jam 12 besok kita bisa ketemu dan sekalian makan siang di Seribu Rasa?



Thanks,

Laras"


  • Penyebutan nama pemberi rekomendasi penting karena menunjukkan kredibilitas Anda

  • Menentukan langsung waktu pertemuan penting supaya Anda juga bisa langsung membooking tempat



Keputusan untuk berlanjut menjadi sponsor atau tidak itu satu hal, tapi paling tidak Anda sudah berhasil membuka komunikasi dan bertemu dengan orang bersangkutan. Siapa tahu ini menjadi awal dari kemungkinan kerja sama pada event-event berikutnya di masa mendatang.


Baca juga: 8 Langkah Merencanakan Event Perusahaan Berskala Kecil


Sumber : eventbrite.com

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu