Breaking

blog single post
kebutuhan kantor

Mengapa Pemilihan Tempat Event Memainkan Peran Penting dalam Sebuah Acara?

Dalam sebuah acara, tempat event menciptakan emosi, menjadi wadah tempat klien mendapatkan hiburan, dan menunjukkan brand image dari acara tersebut. Idealnya, lokasi event yang tepat menunjukkan kepada audiens apa yang bisa mereka harapkan dari sebuah acara. Dan tak jarang, sebuah tempat acara “menceritakan” acara itu sendiri. Karena itulah pemilihan sebuah lokasi event adalah salah satu pilihan terpenting bagi seorang penyelenggara atau event planner.


Banyak penyelenggara yang memilih tempat event hanya berdasarkan hal-hal seperti ketersediaan tempat pada tanggal dan waktu yang diinginkan, serta apakah ada tempat parkir atau tidak. Memang benar bahwa faktor-faktor itu juga penting, tapi Anda sebenarnya bisa memperkaya pengalaman yang dinikmati para audiens ketika mendatangi acara yang Anda selenggarakan. Dengan demikian, tujuan dari acara tersebut pun dapat tercapai dengan lancar, tapi dengan tambahan efek yang akan membekas di dalam pikiran para audiens. Sebab, lokasi event saat ini bukan sekadar sebuah ruang tempat audiens duduk berjam-jam untuk mendengarkan pembicara, atau sekarang ruang untuk makan dan minum saja.


Untuk Branding

Salah satu pentingnya pemilihan tempat event dalam penyelenggaraan sebuah acara adalah untuk membentuk atau memperkuat nama sebuah brand atau merek. Karena itulah, pemilihan lokasi acara idealnya disesuaikan dengan nama pemilik acara tersebut. Jadi, Anda perlu pikirkan dahulu apa kesan yang terlintas pertama kali di benak Anda begitu mendengar sebuah nama organisasi, perusahaan, atau merek? Kemudian, ajukan pertanyaan yang sama kepada diri Anda terkait venue yang akan Anda pilih seperti apa yang terbesit di pikiran Anda begitu melihat atau mendengar nama venue tersebut? Jika brand atau lokasi tersebut tidak selaras, maka ada ketidaksinambungan antara keduanya yang bisa jadi justru membingungkan target audiens acara tersebut, seperti “Kok event-nya Brand Z di tempat seperti itu, ya?”


Menentukan Prioritas

Terkadang, pemilik acara memiliki beberapa hal di dalam agenda mereka yang dipandang lebih dari sekadar branding, sehingga memiliki prioritas yang tak kalah pentingnya. Misalnya transportasi yang mudah, kebutuhan untuk menjalin koneksi, atau bahkan privasi. Dalam kondisi seperti ini, sebaiknya Anda dan klien tentukan apa saja kebutuhan yang paling utama untuk event yang akan diselenggarakan, lalu pilih tempat event yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut.


Menarik Perhatian Pengunjung

Tak perlu dipertanyakan lagi bahwa perhatian dan ketertarikan audiens yang menjadi target acara sangat dibutuhkan, sehingga ketertarikan tersebut pun berbuah menjadi kehadiran mereka di acara Anda nantinya. Dan di sini, pemilihan tempat event akan sangat menentukan faktor ini. Anda bisa pertimbangkan untuk memilih venue yang sedang ngetren dan banyak dibahas oleh orang-orang, seperti galeri seni kontemporer, coffee shop, atau bahkan restoran yang saking ramainya sampai-sampai orang kesulitan untuk bisa melakukan reservasi di sana. Dengan pilihan tempat-tempat yang sedang ngetren di masyarakat, maka menarik perhatian mereka pun akan relatif jadi lebih mudah.


Memberikan Pelayanan dan Tawaran untuk Pengunjung

Selain sekadar menghadiri acara yang diselenggarakan, Anda juga bisa membuat waktu dan kehadiran pengunjung nantinya jauh lebih bermakna dan seru. Misalnya, Anda bisa bekerjasama dengan agen wisata lokal untuk mengadakan tur singkat 1 hari sebagai bagian dari acara, yang bisa diikuti para tamu sebagai paket pilihan. Lebih serunya lagi, Anda pun bisa buat acara tambahan tersebut tak kalah serunya dengan kuis atau permainan berhadian, yang pasti akan membuat para pengunjung semakin tertarik.


Menjadi Sarana Komunikasi

Dengan memilih tempat event yang dapat mendukung misi acara yang diselenggarakan juga dapat memberikan kesan mendalam bagi para pengunjung, menciptakan jaringan penting dengan orang atau organisasi yang juga memiliki misi yang sama, atau memperkenalkan organisasi atau perusahaan kepada masyarakat yang lebih luas.


Poin-poin di atas tentu belum menjabarkan secara keseluruhan mengenai pentingnya pemilihan tempat event bagi sebuah acara, namun sudah cukup untuk menunjukkan begitu banyaknya kemungkinan yang dapat terjadi dan menguntungkan penyelenggara, sehingga perspektif Anda pun dapat berubah.

Sekarang, Anda dapat menemukan tempat event sesuai dengan kebutuhan Anda dengan lebih cepat, mudah, dan praktis menggunakan SpotQoe. Download dan pasang aplikasi SpotQoe secara gratis dari Playstore dan App Store, dan rasakan sendiri keuntungannya!



Baca  Juga : Menyesuaikan Tempat Event dengan Perencanaan Acara

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu