Breaking

blog single post
Informasi

Mengenal Lebih Jauh Perbedaan Start Up dan Bisnis Online

Perlu diakui jika perkembangan teknologi memberikan banyak kemudahan dalam menjalani hari hingga terciptanya sesuatu yang benar-benar baru atau inovasi. Memesan makanan dan transportasi melalui permainan jari di layar smartphone saat ini adalah hal yang lumrah. Keuntungan yang diberikan, Kamu bisa melakukan itu semua di manapun dan kapanpun. Sekalipun Kamu sedang berada di dalam kereta, Kamu bisa memesan transportasi lain untuk digunakan setelahnya.

 

Silahkan flashback 10 tahun dari sekarang, apa semua itu pernah terjadi? Tentu tidak, semua merupakan bagian dari inovasi atas berkembangnya teknologi dunia dan inovasi tersebut dibentuk oleh perusahaan baru yang bisa disebut dengan Start Up.

 

Startup? Apa itu?

Pada dasarnya startup adalah sebuah perusahaan yang berjalan di bawah 5 tahun atau perusahaan yang baru saja dirintis dan menerapkan inovasi teknologi untuk menjalankan bisnis intinya dan menjadi solusi untuk masyarakat. Selain itu, biasanya stratup yang baru saja memulai bisnisnya tidak memiliki ruang kerja tetap dalam bekerja. Mereka lebih terbiasa melakukan sewa meeting online untuk bertemu dengan anggotanya. Tidak heran tempat sewa meeting online terkadang dipenuhi oleh para penggiat Start Up.


Hal ini tentu dikarenakan biaya yang lebih murah untuk tempat sewa meeting online dibandingkan dengan sewa ruang kantor. Selain itu, dengan sewa meeting online lebih efisien karena kita hanya perlu bertemu saat dibutuhkan saja. Sebagai rekomendasi, Kamu bisa sewa meeting online melalui website SpotQoe.com.


Nah, tapi jika mengingat kembali cara kerja startup yang serba online, apa sih bedanya dengan bisnis online?


Start Up Berbeda dengan Bisnis Online

Perkembangan stratup di Indonesia semakin diakui sejak tumbuhnya empat startup unicorn, yaitu GoJek, Bukalapak, Traveloka dan Tokopedia. Keempatnya memberikan inovasi untuk kebutuhan hidup dengan penghasilan yang fantastis. Berdasarkan data dari Tech In Asia, pada kuartal 2 Tahun 2017, Start Up yang mendominasi Indonesia berasal dari industri E-commerce & Fintech.

 

Karena euphoria yang begitu besar, masih banyak yang belum paham perbedaan antara startup dengan bisnis online alias serba ‘.com’, apalagi keduanya mengandalkan teknologi. Jadi, segala bisnis online yang Kamu temukan dengan embel-embel ‘.com’ tidak bisa disebut startup, ya! 

 

Untuk memudahkan Kamu, cek ciri-ciri di bawah ini yang masuk pada katagori perusahaan baru yang bisa disebut sebagai startup, yaitu:

  • Ide bisnis yang dibawa inovatif dan distruptif sehingga bisa membuat industri kerja yang baru dengan bantuan teknologi
  • Telah dilengkapi dengan mobile application yang pastinya dukung inti bisnis dari startup itu sendiri, ya
  • Perusahaan yang dijalankan sedang menjalani program dari investor, seperti akselerator atau inkubasi agar bisnisnya berjalan terus
  • Growth bisnis bisa masuk pada katagori cepat dibandingkan dengan perusahan lainnya
  • Banyak media yang mengulas karena inovasi yang dibawa oleh startup itu sendiri
  • Masuk pada jangkauan radar investor yang ingin turut serta mengembangkannya

 

Untuk dari cara kerjanya pun biasanya bisnis online lebih jarang mengadakan pertemuan, atau sekalipun dilakukan pasti sewa meeting online jadi pilihannya. Dan tentunya, hanya SpotQoe.com yang berikan banyak kemudahan dalam pemesanan ruangan.
 

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu