Breaking

blog single post
Informasi

Menjadi Karyawan, Ini Hal yang Pantang Dilakukan

Menjalankan pekerjaan dengan baik dan disiplin, tidaklah cukup bagi seorang karyawan. Menjalin hubungan yang baik dengan rekan sekantor juga penting karena setiap pekerjaan yang dilakukan pasti akan berhubungan dengan teman sekantor. Selain itu, tetaplah bersikap professional. Terdapat beberapa hal yang sebaiknya tidak Anda lakukan ketika berada di lingkungan kantor. Apa saja?  

Jangan cari sahabat

Anda yang mudah akrab dengan orang lain harus bisa menyadari bahwa semakin dekat hubungan seseorang, maka gesekan yang timbul akan semakin besar. Beberapa hal yang mungkin terjadi ketika Anda menjalin persahabatan di kantor adalah rasa bosan, masalah pribadi yang terbawa ketika Anda dan teman sedang bekerja bersama, terbatasnya hubungan Anda dengan orang lain di kantor karena terlalu dekat dengan sahabat hingga gesekan seperti beda pendapat, salah paham dan semacamnya dapat terjadi karena aktivitas padat yang harus dikerjakan setiap harinya. Maka, hubungan yang paling baik dijalankan dalam bekerja adalah hubungan profesional.

Bicara dengan suara keras

Ketika Anda berbicara dengan suara yang keras, hal ini dapat menganggu beberapa orang-orang di kantor. Apabila suara keras adalah kebiasaan yang sering dilakukan, maka Anda bisa membatasinya dengan mengecilkan volume suara, berbicara secara perlahan. Selain itu, carilah rekan kantor yang bisa mengingatkan Anda untuk tidak berbicara terlalu keras saat di kantor.

Pantang jadi penjilat

Sangat wajar bila ada persaingan antar karyawan untuk mendapat posisi terbaik dari atasan. Apalagi sebuah kebanggan bila seorang karyawan bisa menjadi orang kepercayaan atasan. Namun untuk menjadi kepercayaan, jangan Anda manghalalkan segala cara guna mendapat perhatian dari atasan, seperti menjadi penjilat. Hal ini bukanlah perbuatan yang terpuji karena pasti akan membuahkan hasil yang tidak baik. Bila suatu hari perbuatan tidak baik ini diketahui oleh rekan kerja bahkan atasan, Anda bisa saja dijauhi dan justru tidak mendapat kepercayaan dari lingkungan kerja. Sebaiknya, lakukan yang terbaik dengan cara yang lebih sportif dan tepat untuk mendapatkan kepercayaan atasan.

Jangan membahas gaji

Gaji merupakan hal yang cukup sensitif bagi banyak orang. Apalagi saat Anda berada di lingkungan swasta, biasanya gaji satu orang dengan lainnya akan terlihat perbedaannya karena tergantung dari beragam faktor. Oleh karena itu, baiknya tidak membicarakan gaji dengan rekan kerja.

Berhati-hati dengan komputer atau laptop

Meja yang disediakan beserta fasilitasnya adalah hak dari orang yang menempatinya. Selain pekerjaan karyawan bisa meletakkan barang yang penting dan dibutuhkan terkait pekerjaan ataupun untuk pribadi. Jika Anda hendak menggunakan, sebaiknya meminta ijin terlebih dahulu agar Anda dan rekan kerja sama-sama nyaman, tidak saling curiga dan berhati-hati agar fasilitas kantor ini tidak rusak.

Jangan membandingkan diri

Setiap orang memiliki kemampuan kerja yang berbeda. Ada karyawan yang bisa mengerjakan pekerjaan dengan cepat dan tepat, namun Ada pula yang perlu meneliti dahulu sebelum menyelesaiakan pekerjaan, sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama. Ingat, jangan pernah membandingkan diri Anda dengan orang lain karena setiap orang pasti tidak suka dibandingkan dengan orang lain. Jika Anda suka membanding-bandingkan, hal ini  bisa membuat Anda dicap sebagai orang yang sombong dan mudah meremehkan orang lain.

Hindari gosip

Anda harus menyadari bahawa gosip adalah sumber awal dari timbulnya fitnah. Apabila Anda  menemukan banyak hal yang harus diperbaiki oleh rekan kerja, sebaiknya lakukan pertemuan secara empat mata serta mengevaluasi secara langsung. Hindari gosip yang bisa merusak pandangan sesame rekan kerja dan menibulkan suasana yang tidak nyaman saat bekerja.


Itulah beberapa hal yang jangan pernah Anda lakukan ketika berada di lingkungan kantor. Bangunlah sikap positif dan professional dalam menjalani pekerjaan Anda.



Baca Juga : 10 Indikator Anda Bekerja dengan Benar

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu