Breaking

blog single post
Working

Menjaga Keselamatan Kerja Para Mobile & Remote Worker

Bersamaan dengan semakin suburnya metode kerja yang dilakukan secara remote atau mobile, muncul juga akibat atau resiko penyertanya seperti soal keselamatan kerja. Mungkin dalam pandangan Anda keselamatan kerja hanya erat kaitannya dengan para pekerja konstruksi di lapangan dimana mereka diharuskan menggunakan helm serta baju pengaman. Namun lebih luas lagi segala aktivitas yang dilakukan berkaitan dengan pekerjaan memiliki unsur keselamatan kerja. Ini termasuk perjalanan ke dan dari luar kota untuk urusan kantor atau bahkan saat Anda sedang mengadakan acara seperti pameran atau menjaga stand.


  • Identifikasi resiko yang mungkin terjadi dan siapkan antisipasinya

Berbeda profesi, beda juga resiko-resiko yang mungkin muncul dan mengancam keselamatan jiwa Anda atau semua orang yang bekerja di ruang kantor yang terpencar-pencar. Sudah pasti tidak ada orang yang ingin celaka, tapi namanya hidup kita tidak bisa memastikan segalanya akan selalu baik-baik saja bukan? Nah untuk itulah ada baiknya Anda mencari tahu resiko apa saja yang mungkin terjadi dan bagaimana mengantisipasinya. Contoh gampangnya yaitu bila seorang karyawan kehabisan uang saat bertugas di daerah terpencil maka bagaimana ia harus bertindak.

 

  • Membuat jadwal laporan berkala

Buatlah rutinitas lapor diri/ check in di grup WhatsApp atau aplikasi chat lainnya setiap beberapa jam sekali, sekaligus untuk laporan perkembangan kerja juga. Misalnya dalam satu hari ada 3 kali jadwal lapor diri yaitu setiap jam 10 pagi, jam 4 sore dan jam 8 malam. Bila pada jam-jam yang sudah ditentukan ada salah seorang yang tidak memberi kabar maka itu perlu dicari tahu sebabnya.  


  • Sewakan satu lokasi coworking space yang aman untuk bekerja

Sebagai langkah pencegahan terhadap segala kemungkinan yang tidak menyenangkan, perusahaan bisa saja menyewa satu satu ruang kantor di coworking space di lokasi tempat karyawannya berada. Dengan begitu keselamatan mereka secara tidak langsung lebih terjamin karena itu bisa dibilang merupakan teritori perusahaan juga.


  • Manfaatkan teknologi untuk memantau rekan kerja

Jaman sekarang bahkan hanya dengan lewat aplikasi LINE Anda bisa mengetahui di mana lokasi orang-orang yang ada di dalam daftar kontak Anda. Manfaatkan cara yang sama untuk memantau lokasi rekan kerja yang tersebar di berbagai lokasi.   

BACA JUGA: 6 Trik Menyinergikan Tim dengan Sistem Kerja Remote

 



 

Sumber : fieldtechnologiesonline.com; tekno.kompas.com

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu