Breaking

blog single post
Ecommerce System

Packaging Aman, Bisnis Ecommerce Lancar

Dalam proses pengiriman barang baik me, tidak ada jaminan yang pasti bahwa kurir akan memperlakukan setiap paket dengan semestinya. Bisa saja smartphone yang Anda beli secara online di letakkan dengan kasar meskipun ada stiker FRAGILE di atasnya.


Pengepakan yang tepat sangat penting untuk menjaga bentuk dan kualitas barang sekalipun dikirim melalui jasa logistik dan ekspedisi. Apalagi untuk Anda yang bergerah di bidang ecommerce dan banyak melayani pengiriman ke luar daerah. Dari bubble wrap hingga kemasan kayu, jenis kemasan bisa disesuaikan dengan jenis barang di dalamnya.


  • Packing peanut



Packing peanut terbuat dari bahan dasar foam dan biasa disebut juga sebagai foam peanuts. Fungsinya untuk meredam goncangan sehingga elektronik maupun barang pecah belah terlindungi dengan baik. Potongan kecil-kecil pada foam ini bisa mengisi sela-sela kosong di di dalam kotak kemasan.

  • Bubble wrap


Jenis pelindung kemasan ini paling sering digunakan sebagai proteksi lapisan kedua. Udara yang ada di dalam setiap bulatan bubble wrap bekerja seperti bantalan yang mengamankan benda dari benturan.   

  • Packing paper



Ini bukan jenis kertas biasa yang bisa Anda dapatkan di kios fotokopi. Kertas ini dirancang dengan tingkat kerapatan serta ketebalan ekstra untuk kebutuhan packaging. Dikenal juga sebagai butcher paper karena asalnya diciptakan memang untuk menyimpan daging dan ikan. Kertas jenis ini juga cocok untuk pengepakan keramik atau peralatan makan mahal lainnya.

  • Packaging foam


Busa dengan ketebalan yang cukup padat ini bisa dibentuk menyesuaikan benda yang dikemas. Umumnya yang biasa ditemui dipasaran adalah bentuk bergelombang, namun bentuk kotak seperti di atas juga bisa dibuat.

  • Corrugated



Kemasan yang satu ini pada dasarnya terbuat dari kardus dengan rongga bergelombang di bagian tengah antar lapisan. Di musim mudik seperti sekarang ini kardus semakin naik daun karena banyak digunakan orang untuk membawa barang. Tidak heran memang karena mudah didapat, murah dan cukup kuat kecuali bisa terkena rembesan air. Corrugated lapis 3 malahan kuat untuk dipakai sebagai kemasan dari lemari pendingin ukuran besar.     

  • Wooden package



Sebagai lapisan terluar dari kemasan barang pecah belah biasanya diproteksi lagi dengan kayu. Tidak dibutuhkan kayu kualitas khusus untuk ini, yang penting cukup keras untuk membentengi barang/ benda di dalamnya dari benturan yang dapat merusak bentuk barang.


Baca juga: Tampilan Deskripsi Produk Bisa Mempengaruhi Penjualan

 











  


Sumber : berbagai sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu