Breaking

blog single post
People

Pasar Coworking Space Akan Semakin Meledak di Tahun 2020

Potensi bisnis coworking space pada beberapa tahun mendatang sepertinya akan semakn menjanjikan. Ini bisa dilihat dari pasar gedung perkantoran yang semakin beralih kepada menyewa ruang di coworking space. Belum lagi dengan pesatnya pertumbuhan perusahaan-perusahaan startup yang secara otomatis akan berpengaruh terhadap naiknya kebutuhan ruang kerja dengan harga sewa bersahabat.


Tahun lalu saja sudah diperkirakan bahwa hingga 4 tahun ke depan bisnis startup akan bertumbuh lebih dari 5 kali lipat. Hal ini disampaikan oleh Kepala Departemen Riset dan Konsultasi Savills Indonesia, Anton Sitorus kepada Okezone bahwa pada tahun 2020 nanti, startup di Indonesia akan tumbuh 6,5 kali dengan perhitungan sekitar 13 ribu perusahaan, ditambah dengan online shop.


Bila satu perusahaan memiliki paling tidak 5 orang karyawan saja, dengan bujet yang tidak terlalu besar mereka sudah bisa menyewa ruang kerja yang nyaman dan difasilitasi dengan baik. Ini yang membuat kebutuhan akan ruang kerja kolaboratif alias coworking space akan semakin diincar.


Selain menjadi wadah bagi startup-startup baru, tentu coworking space menjadi peluang bisnis tersendiri yang menarik untuk dilirik. Saat ini saja tempat-tempat seperti HUB2U, Tier Space, Conclave, dan EV Hive yang tersebar di penjuru Jakarta, sudah menjadi tujuan orang dalam melakukan aktivitas bisnis.  


Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga tidak ketinggalan. Melalui Unit Pengelola Jakarta Smart City (JSC), pemprov DKI bekerja sama dengan EV Hive membangun Jakarta Smart City Hive (JSCHive) yang berlokasi di Balai Kota dan Jakarta Creative Hub di Waduk Melati, daerah Jakarta Pusat.  

 

Potensi bisnis coworking space tentu tidak akan berhenti di sini, apalagi dengan masih banyaknya celah yang dapat digali dari sebuah ruang kerja kolaboratif ini. Contoh yang paling jelas adalah belum adanya coworking space yang memiliki fasilitasi daycare atau kids corner. Padahal tidak bisa dipungkiri bahwa para pegiat startup terdiri dari kaum muda yang juga sedang membangun keluarga. Fasilitas daycare tentu akan memberi nilai tambah, khususnya bagi para ibu yang tetap bisa memantau anak ditengah kesibukannya berkarya.


Baca juga: 4 Keuntungan Bekerja di CoWorking Space


 



Sumber : okezone.com; liputan6.com; news.detik.com

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu