Breaking

blog single post
Informasi

Pekerja Keras dan Workaholic Sering Tertukar, Ini Bedanya!

Di dalam pekerjaan, mungkin Kamu memiliki banyak sekali tenggat waktu yang berdekatan. Sehingga Kamu harus mengerjakan semua hal dengan cepat dan cerdas. Setelah menyelesaikan satu pekerjaan, Kamu harus segera menyelesaikan pekerjaan lainnya yang sudah menanti. Bahkan untuk menyelesaikan semua pekerjaan, Kamu harus merelakan waktu istirahat yang ada.

 

Apakah Kamu familiar dengan kata workaholic? Workaholic digunakan untuk orang-orang yang dikenal gila kerja. Orang-orang workaholic dikenal senang bekerja dan sulit bersosialisasi dengan teman atau keluarga. Apakah Kamu merasa menjadi salah satu orang yang workaholic? 

 

Terkadang Kamu tidak sadar telah menjadi seorang workaholic. Kamu bekerja tanpa kenal waktu dan bahkan kesehatan pun menjadi prioritas nomor sekian. Padahal, berdasarkan penelitian dari Simon Fraser University, University of Pennsylvania dan University of North Carolina mengatakan ada risiko kesehatan yang mengintai para workaholic.

 

Para peneliti tersebut mengungkapkan bahwa para workaholic memiliki ciri seperti cenderung mengembangkan sindrom metabolik mereka. Bahkan ada beberapa di antaranya berpengaruh pada kondisi kesehatan. Dimana pengaruh tersebut dapat meningkatkan risiko beberapa penyakit seperti jantung, stroke dan diabetes.

Baca Juga: 3 Ruang Kerja Ramah Disabilitas

 

Sayangnya, Kamu tidak selalu menyadari bahwa workaholic itu sudah dialami. Kamu mengganggap bahwa Kamu adalah seorang pekerja keras. Tanpa Kamu sadari, workaholic dan pekerja keras adalah hal yang berbeda. Untuk mengetahui lebih lanjut apakah kamu workaholic atau pekerja keras, mari simak tanda-tanda berikut ini:

 

Perilaku Kerja

Seorang workaholic lebih mengarah kepada perilaku negatif saat bekerja. Seperti arti harafiahnya, workaholic adalah pecandu kerja. Dengan kata lain, Kamu tidak bisa mengontrol diri sendiri. Sedangkan seorang pekerja keras memiliki perilaku positif akan etos kerja yang tinggi. Kamu yang pekerja keras akan lebih serius untuk menghasilkan kualitas kerja dengan sebaik mungkin. Seperti contoh, ketika ada meeting, Kamu akan semangat mencari paket meeting hotel daripada menghindari meeting itu sendiri.

 

Efektifitas dan Efisiensi

Apabila ada tenggat waktu pekerjaan yang harus dikejar, Kamu seorang workaholic akan menghabiskan lebih banyak waktu dalam satu hari untuk menyelesaikannya. Sedangkan jika Kamu seorang pekerja keras, Kamu akan menyelesaikan pekerjaan dengan waktu normal setiap harinya. Dengan perbedaan waktu tersebut, akan terlihat kualitas hasil pekerjaan antara workaholic dan pekerja keras.

 

Motivasi

Jika Kamu seorang workaholic, motivasi bekerja hanya dilakukan untuk memuaskan diri sendiri yang tidak diketahui tujuannya. Ini disebabkan karena Kamu terlalu ambisius dalam bekerja. Sedangkan pekerja keras memiliki motivasi yang jelas. Sehingga pekerja keras bisa membatasi diri.

 

Baca Juga: Rahasia Tetap Bugar Bekerja di Musim Hujan

 

Sosialisasi

Bagi seorang workaholic, tidak ada hal yang lebih penting selain bekerja. Apabila ada meeting, tidak ada hal yang lebih meeting selain menyelesaikan meeting dan membuat meeting tersebut berjalan dengan lancar. Sedangkan seorang pekerja keras tetap bisa membagi waktu untuk bersosialisasi dan meeting. Seperti contoh, saat sedang berada di sebuah meeting di hotel, seorang workaholic tidak bisa menikmati fasilitas dari paket meeting hotel sedangkan seorang pekerja keras bisa menikmati fasilitas dari paket meeting hotel yang tersedia.

 

Perfeksionis

Tentu saja, Kamu seorang workaholic bisa lebih perfeksionis karena hidupnya didedikasikan untuk pekerjaan. Selain ambisius dan menomorsatukan pekerjaan, Kamu akan lebih detail saat mengerjakan sesuatu. Sedangkan seorang pekerja keras belum tentu tidak perfeksionis. Kamu yang pekerja keras tetap bisa perfeksionis namun akan lebih realistis.

 

Baca Juga: 5 Start Up Sukses yang Lahir dari Coworking Space Murah

 

Sekarang setelah mengetahui perbedaan yang ada, membaca tanda-tandanya, apakah Kamu sudah bisa menilai termasuk ke jenis manakah dirimu? Sebagai informasi sekarang paket meeting hotel secara lengkap sudah tersedia yang dapat dipesan secara online melalui SpotQoe.com yang merupakan linis bisnis dari Astra yang menyediakan berbagai pilihan paket meeting hotel di Jakarta maupun diluar Jakarta.
 

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu