Breaking

blog single post
People

Pengaruh Baik Tanaman di Dalam Ruang Kantor

Seperti apa tampilan ruang kantor yang Anda diami setiap harinya? Sudahkah memenuhi unsur kelayakan seperti menimbulkan rasa nyaman dan betah? atau lebih condong ke arah artistik? Seperti apapun dekorasi dan penataannnya, selama memenuhi dua unsur tadi maka itu baik untuk produktifitas.

 

Selain permainan warna pada dekorasi ruang kantor, tanaman juga elemen penting yang disarankan ada pada setiap ruang kantor. Anda bisa merasakan sendiri perbedaannya, ruang kantor tanpa pemandangan hijau pasti terlihat dan terasa dingin. Padahal dengan menambahkan tanaman dalam pot-pot kecil sudah bisa membawa suasana yang berbeda.


Fakta ilmiah membeberkan keuntungan dari memasukan tanaman ke dalam ruang kantor, dan itu antara lain:


  • Penyaring/ pembersih udara

Hasil riset NASA menunjukkan setiap bahwa setiap 24 jam tanaman yang berada di dalam ruangan sanggup menyingkirkan hingga 87% mateial berbahaya yang ada di udara. Ini merupakan keuntungan bagi kesehatan pekerja yang sehari-harinya terkurung di dalam ruangan tertutup.


Anda juga pasti tidak menyangka kalau udara di dalam ruangan termasuk ruang kantor memiliki tingkat polusi 12 kali lipat dari pada udara di beberapa lokasi di luar ruang. Racun-racun tersebut merupakan hasil percampuran antara partikel-partikel yang terkandung di dalam cat, furnitur, debu, pakaian, dan bangunan gedung itu sendiri.


Nah adanya tanaman di dalam ruang kantor dapat mengikat material berbahaya tadi ke dalam tanah untuk dijadikan sebagai makanan bagi tanaman.

       


  • Menjaga tingkat kelembaban udara


Tumbuh-tumbuhan melepaskan kembali 97% air yang mereka serap sehingga membuat udara menjadi lembab. Bila Anda menempatkan beberapa tanaman dalam satu spot sekaligus Anda bisa merasakan level kelembaban di ruang kantor meningkat. Udara yang tidak terlalu panas atau dingin ini baik khususnya untuk kulit. Apalagi bagi pekerja kantoran yang selalu terpapar dengan pendingin udara sehingga kulitnya cenderung kering dan lekas keriput.


Hal yang sama juga diperkuat oleh hasil studi dari University of Norway bidang Agricultural yang mendokumentasikan bahwa penambahan tumbuhan di dalam ruangan menurunkan resiko kulit kering, pilek, radang ternggorokan, dan batuk kering.



  • Mendorong produktivitas

Dua poin di atas menjelaskan manfaat tumbuhan dari sisi kesehatan, sebagai pelengkap alasan apa perlunya Anda menambahkan tumbuhan daalam ruang kantor adalah meningkatnya produktifitas dalam bekerja.


Beberapa hasil studi mendukung fakta ini, antara lain  Universitas A&M di Texas, AS yang menemukan bahwa orang-orang yang bekerja di dalam ruangan berisi 2 buah tanaman di dalam pot dan satu buket bunga bisa menghasilkan 13% lebih banyak ide dibanding pekrja di dalam ruangan yang berisi patung-patung di dalamnya.


Studi di The Royal College of Agriculture di Cirencester, Inggris juga mendapati bahwa level konsentrasi mahasiswa meningkat hingga 70% ketika belajar di dalam ruangan yang berisi tanaman.


BACA JUGA: Yuk Rancang Sendiri Ruang Kerja Anda

 











Sumber : proflowers.com

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu