Breaking

blog single post
Informasi

Pentingnya Cahaya Matahari di Ruang Kantor untuk Tingkatkan Produktivitas Pekerja

Sudah menjadi rahasia umum bahwa cahaya matahari pagi memiliki banyak manfaat. Cahaya dalam rentang waktu pukul 6 hingga 9 pagi memiliki kandungan vitamin D alami yang sangat baik bagi pertumbuhan tulang. cahaya matahari juga mampu memberikan dampak psikologis positif yang dikenal dengan kata “positive vibes”. Sayangnya, pekerja yang hampir setiap hari bekerja di dalam gedung kantor, bahkan saat menyewa paket meeting room hotel pun tidak semua mendapatkan cahaya matahari yang cukup.

 

Pentingnya Sinar Matahari Bagi Pekerja

Banyak pengelola gedung yang menganggap bahwa distribusi penerangan (lampu) yang merata sudah cukup memenuhi kebutuhan karyawan utnuk bekerja. Anggapan tersebut tidak sepenuhnya salah, namun tidak berarti ideal.

Berdasarkan survey dari Future Workplace berjudul “The Employee Experience”, pekerja ternyata lebih mendambakan sesuatu yang paling mendasar. Salah satunya dalah cahaya matahari dan akses pemandangan ke luar ruangan.

Dari survei 1.614 pegawai di Amerika Utara, lebih dari sepertiganya mengaku tidak mendapat akses cahaya matahari di ruang kerja. Sedangkan 47 persen merasakan lelah dan suram berada di ruang kerja selama 8 jam tanpa cahaya alami dan jendela.

The Employee Experience mengatakan sebanyak 73 persen pekerja setuju bahwa semakin lama menghabiskan waktu dengan perangkat elektronik, semakin banyak pula keinginan istirahat dengan berjalan atau memandang ke luar jendela. Hal tersebut disebabkan oleh kelelahan mata, sakit kepala, kantuk, stress, dan rasa bosan. Dengan terpapar cahaya alamu, akan brdampak mengurangi semua masalah tersebut dan meingkatkan kepuasan dalam bekerja.

Kesimpulannya, cahaya alami sangat penting bagi pekerja jarena mampu meningkatkan kesejahteraan pekerja secara fisik dann psikis secara signifikan.

 

Baca Juga: 5 Menit Cara Sehat Pekerja Kantoran

 

Cara Memenuhi Kebutuhan Sinar Matahari Bagi Pekerja

Tentu ada banyak yang bisa dilakukan demi mendapatkan sinar alami dari matahari pagi. Misalnya dengan keluar sebentar atau berjemur di dekat jendela. Lagipula, tubuh manusia vukup mendapatkan asupan cahaya beberapa menit saja untuk memenuhi kebutuan sinar matahari.

Yang menjadi masalah adalah saat kembali ke ruang kerja yang tidak memiliki celah yang bisa ditembus sinar matahari. Hal tersebut bisa memicu rasa stress. Jangan sampai ini terjadi, apalagi saat Kamu  menyewa paket meeting room hotel untuk mendiskusikan proyek dengan partner bisnis.

Yang paling mudah dilakukan tentu memaksimalkan jendela yang ada, salah satu caranya dengan mengatur kembali penataan interior. Setelah memposisikan dan mengatur ulang meja kerja dan kursi, tambahan gorden filter untuk membatasi cahaya yang masuk. Mengingat jam kerja di Indonesia muai dari pukul 8 hingga 5 sore, dimana dari siang hingga meunju sore aparannya sangatlah menyengat. Jangan sampai karyawan kepanasan karena mendapatkan matahar siang yang berlebihan.

Atur posisi meja dan kursi sedikit jauh dari jendela. Dengan demikian persebaran cahaya tidak berada di satu titik dan langsung mengarah ke mata. sehingga masuknya cahaya matahari dapat diatur ritmenya untu menjaga keseimbangan stabilitas ritme kerja. Karena cahaya matahari tidak hanya berkaitan dengan produktivitas saja, tapi juga kesehatan.

 

Baca Juga: Mendirikan PT dengan Domisli Apartemen Menurut Hukum, Boleh atau Tidak?

 

Paket Meeting Room Hotel dengan Cahaya Alami

Tidak hanya ruang kantor, saat menyewa ruang meeting pun pencahayaan alami sebaiknya dijadikan salah satu indicator penting sebelum memilih Daripada Kamu kesulitan mencari ruang kantor dengan kriteria yang cocok ntuk hal ini. Kamu bisa menggunakan platform SpotQoe.com untuk menemukan pilihan paket meeting room hotel atau di tempat lainnya dengan jendela besar sehingga bisa mendapatkan asupan matahari pagi yang sehat.

SpotQoe.com menawarkan berbagai kebutuhan ruang mulai dari ruang meeting, ruang kantor, dan  Co-Working Space sengan jendela yang bisa menerima cahaya matahari terbaik setiap harinya.

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu