Breaking

blog single post
People

Peraturan-peraturan Unik Perusahaan di Dunia

Saat Anda masuk ke dunia kerja, beragam jenis aturan tentu mewarnai hari-hari Anda. Tak ubahnya saat Anda bersekolah, peraturan-peraturan dalam dunia kerja dimaksudkan untuk menjamin ketertiban dalam proses bisnis juga menjaga kelangsungan perusahaan agar tetap produktif. Peraturan mulai dari karyawan yang diharuskan cuti karena patah hati, boleh membawa hewan peliharaan seperti kucing dan anjing ke kantor hingga diwajibkan istirahat tidur siang selama 30 menit, memang benar terjadi di belahan dunia lainnya. Hal ini dilakukan dengan alasan yang kuat diantaranya karena dapat menjaga kelangsungan perusahaan agar tetap produktif dan terus berkembang. Lantas apa saja peraturan unik lainnya dari perusahaan yang ada di dunia? Berikut informasinya untuk Anda:

  • Negara Jepang

Di negeri matahari ini terdapat aturan yang bernama Metabo Law yang mulai berlaku sejak 2008. Pekerja berumur 40 tahun hingga 74 tahun di sana harus memenuhi syarat ukuran lingkar pinggang yaitu sebesar 35,4 inci untuk wanita dan 33,5 inci untuk pria. Peraturan wajib ini bertujuan untuk menekan angka obesitas yang banyak dialami oleh masyarakat Jepang. Seandainya lingkar pinggang Anda tidak memenuhi syarat, Anda diwajibkan mengikuti program diet apabila selama 3 bulan Anda tidak bisa menurun berat badan.

Masih di negeri asal Doraemon, salah satu kotamadya di Jepang yaitu Isesaki sejak tahun 2010 mewajibkan pekerja pria di sana untuk mencukur jenggotnya. Peraturan yang cukup unik ini diterapkan setelah banyaknya keluhan masyarakat mengenai perasaan tidak nyaman karena adanya jenggot.

  • Negara Arab Saudi

Sementara itu pemerintah Arab Saudi mewajibkan hanya wanita saja yang bekerja di toko pakaian dalam. Aturan ini dibuat agar tidak menimbulkan rasa ketidaknyamanan konsumen saat membeli pakaian dalam atau lingerie.

Baca juga: Ciri Perusahaan yang Berpihak Pada Kesejahteraan Pegawai

  • Belgia

Para pegawai di Belgia berhak meminta cuti untuk pergi liburan, yang tidak tanggung-tanggung bahkan meminta waktu liburan sampai satu tahun. Aturan dengan istilah “Career Breaks” ini memungkinkan karyawannya untuk liburan sesuai keinginan dan tetap mendapatkan gaji penuh. Meskipun bisa mengambil cuti sampai satu tahun, sepulang dari liburan mereka tetap bisa kembali bekerja.

  • Eropa

Di Perancis, sebuah RUU yang diusulkan Majelis Nasional Perancis memberikan hak untuk pekerja disana memutuskan dan membatasi penggunaan alat-alat digital terkait pekerjaan selama liburan akhir pekan. Hal ini dilakukan karena Anda harus memiliki waktu khusus bersama keluarga. RUU ini juga dirancang untuk melindungi kesehatan dan kesejahteraan pekerja. Selain itu, karyawan di sana hanya boleh menggunakan email kantor selama 11 jam sehari. Peraturan-peraturan ini tak hanya melindungi para pekerja, namun juga menghindarkan mereka dari eksploitasi atasan.

Baca juga: Keuntungan Perusahaan yang Menjadi Member SpotQoe

Untuk Anda yang mengalami kesulitan mencari ruang meeting, ruang event, ruang kerja untuk aktivitas bisnis dapat menggunakan Aplikasi SpotQoe untuk temukan hotel, restoran maupun cafe yang sesuai dengan agenda bisnis Anda. Tidak perlu bingung dan khawatir, karena hanya dengan meluncur ke situs www.spotqoe.com atau download aplikasinya di Google Play dan App Store, Anda bisa cepat dapatkan bermacam rekomendasi event space atau ruang event, ruang meeting atau meeting space maupun ruang kantor atau working space yang sesuai dengan budget. Anda tinggal mencari, memilih dan memesan secara online, sewa tempat event, sewa ruang meeting dan sewa ruang kantor bisa Anda dapatkan lebih mudah.

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu