Breaking

blog single post
Profesionalisme

Perilaku Profesional yang Tidak Didapat di Bangku Kuliah

Sebagai seseorang yang berada di lingkungan profesional, Anda harus pandai-pandai membawa diri agar bisa beradaptasi dengan dunia yang Anda diami sekarang. Ada hal-hal yang tidak ada pelajari di bangku kuliah namun akan selalu digunakan dalam kaitannya dengan proses kerja. Apakah itu? Berikut penjelasannya.


1. Jam terbang lebih penting dari pada nilai IPK Anda

Pernahkah Anda menyadari ini? Nilai IPK yang tinggi memang menjadi kebanggaan para mahasiswa. Namun itu bukan jaminan bahwa seorang mahasiswa bisa dengan baik beradaptasi dalam dunia kerja. Kemauan untuk belajar serta pengalaman akan lebih terpakai ketimbang angka di atas kertas.    


2. Kepiawaian menjual diri melalui resume kerja

Bagi Anda yang sudah tahunan bekerja di satu perusahaan yang smaa pasti sudah lupa bagaimana caranya membuat CV atau resume yang menarik. Kasus yang sama juga dialami oleh fresh graduate atau bahkan karyawan yang melamar ke perusahaan lain. Banyak contoh di internet namun yang pas dengan kepribadian hanya Anda yang tahu.


3. Paham bagaimana menulis email yang tertata

Kemampuan berkomunikasi melalui mengirim email

Kecuali Anda berkuliah di jurusan sekretaris yang mempelajari cara mengirim email, Anda harus mencari tahu sendiri mengenai bagaimana sih cara mengirim email yang baik dan sopan kepada orang-orang yang belum pernah Anda temui. Seperti apa kata sapa yang sopan, bagaimana memulai kalimat dan subject email apa yang mencerminkan isi dari email Anda.


BACA JUGA: Sikap Sikap yang Mencerminkan Profesionalitas Seseorang


4. Kemampuan membawakan diri dengan meyakinkan

Cara Anda membawakan diri merupakan satu paket antara penampilan dalam berpakaian, gesture tubuh, dan juga kemampuan berkomunikasi secara verbal. Kepekaan dalam memilih pakaian yang pas pada saat memenuhi undangan wawancara menjadi sinyal yang baik bahwa Anda sudah mempelajari industri tersebut. Sementara gesture dan cara Anda berbicara menjadi gambaran karakter Anda sesungguhnya.  


5. Bisa mengatur waktu dan memiliki integritas

Dua kualitas ini suka tidak suka hanya bisa dibentuk dari kecil. Kebiasaan untuk mematuhi jadwal dengan atau tanpa ada orang yang memantau akan membantu Anda dalam menyelesaikan bukan hanya soal pekerjaan namun juga urusan hidup lainnya.


6. Membuat rekan kerja hingga bos menyukai Anda

Biar bagaimanapun pekerjaan Anda tidak akan berjalan lancar bila tidak bisa membaur dengan rekan sesama tim, apalagi dengan atasan yang merupakan user. Bukan berarti Anda dan mereka harus menjadi sahabat tak terpisahkan. Cukup dengan membangun serta menjaga hubungan baik maka niscaya urusan pun akan lancar. Tujukan itikad baik dengan tidak ragu untuk meminta saran mengenai suatu hal dan memberi bantuan bila dibutuhkan.


BACA JUGA: Skill yang Dibutuhkan Dunia Kerja Tahun 2030


 





 

Sumber : berbagai sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu