Breaking

blog single post
Working

Rapat Umum Pemegang Saham, Bahas Apa Saja Ya ?

Bagi seorang calon investor ataupun pengusaha untuk mengenal apa yang disebut sebagai Rapat Umum Pemegang Saham. Bagi Kamu yang sudah familiar dengan istilah tersebut, tentu mengerti betapa pentingnya untuk memahami Rapat Umum Pemegang Saham. Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) sangat krusial bagi kelangsungan bisnis suatu perusahaan.

 

Sehingga setiap tahunnya para petinggi BOD (Board of Directror) dan para investor akan bertemu. Pertemuan ini biasanya selalu berlangsung beberapa hari. Karena pesertanya orang-orang eksklusif, tidak heran jika perusahaan membutuhkan paket meeting hotel Jakarta dengan pelayanan terbaik.

 

Apa Itu Rapat Umum Pemegang Saham?

RUPS tahunan ialah kewajiban dalam penyelenggaraan rapat umum dalam jangka waktu paling lambat 6 bulan setelah tahun buku berakhir. Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) adalah Organ atau bagian Perseroan yang memiliki kewenangan yang tidak diberikan kepada Direksi maupun Dewan Komisaris dalam batas yang telah ditentukan oleh Undang-Undang dan/atau anggaran dasar.

 

Dapat dikatakan jika Rapat Umum Pemegang Saham menjadi kekuasaan tertinggi dalam Perseroan Terbatas. Agar lebih paham RUPS yang biasa diselenggarakan di meeting hotel Jakarta ini, Kamu perlu lebih mengenal mengenai detil-detil Rapat Umum Pemegang Saham lainnya.  

 

Baca juga: Tahun 2020 Sebentar Lagi, Yuk Sewa Ruang untuk Rapat Tahunan Kantormu di Pusat Pemerintahan Ibu Kota
 

Seluruh keputusan penting diputuskan melalui Rapat Umum Pemegang Saham beserta segenap kewenangannya pada saat itu juga, saat mereka menempati paket meeting room Jakarta. Adapun kewenangan Rapat Umum Pemegang Saham yang tidak diberikan kepada direksi atau dewan komisaris adalah sebagai berikut:

  • Menyetujui Pengajuan Permohonan agar Perseroannya dinyatakan pailit
  • Mengubah anggaran dasar
  • Mengangkat dan memberhentikan Anggota dari Direksi maupun Dewan Komisaris
  • Menyetujui Perpanjangan jangka waktu berdirinya perseroan Terbatas
  • Menyetujui Penggabungan, peleburan, pengambilalihan atau pemisahan
  • Membubarkan Perseroan

 

Pihak pemegang saham harus mengajukan ulang permohonan penyelenggaranya terhadap Dewan Komisaris tertentu apabila tidak segera dilakukan pemanggilan RUPS. RUPS akan baru dilaksanakan, untuk perseroan terbuka di tempat kedudukan bursa dimana kedudukan bursa tersebut adalah saham perseroan yang dicatatkan, termasuk juga dalam cakupan wilayah negara republik Indonesia. 

 

Dalam pelaksanaan RUPS yang diselenggarakan oleh pihak Direksi dapat membahas mengenai masalah sebagai berikut :
Penyelenggaraan RUPS sesuai penetapan ketua pengadilan negeri dan hanya boleh membahas tentang mata acara rapat berdasarkan yang sudah ditetapkan oleh ketua pengadilan negeri. Yang berkaitan mengenai alasan permintaan dari pihak pemegang saham, dan juga acara rapat lainnya dilihat sangat perlu oleh direksi, yang berdasarkan dengan pengadilan RUPS tersebut.

 

Dilain sisi, diskusi atau pembahasan masalah yang dibahas dalam RUPS yang diselenggarakan oleh dewan komisaris ialah, mengenai suatu masalah yang berkaitan terhadap alasan dimintanya RUPS tersebut. Apabila seluruh pemegang saham hadir dalam rapat umum atau bisa yang  mewakili dan seluruhnya sepakat diadakannya RUPS dengan pembahasan suatu agenda tertentu. Sehingga RUPS akan bisa dilaksanakan dimanapun, dengan memastikan jika lokasi untuk penyelenggaraan berada dalam cakupan wilayah negara republik indonesia.

 

Maka dari itu, jika perusahaanmu akan menyelenggarakan RUPS, Kamu bisa menggunakan SpotQoe untuk mendapatkan harga paket meeting hotel Jakarta terbaik dengan fasilitas bintang 5. Karena SpotQoe memberikan kemudahan bagi Kamu yang membutuhkan paket meeting hotel Jakarta baik itu per jam atau per hari dengan cepat. SpotQoe membantu Kamu menemukan meeting room hotel untuk RUPS di seluruh Indonesia baik ruang meeting, ruang event dan lainnya. 

 

Baca Juga: Ruang Meeting di Kantor Full? Begini Solusinya!

 

SpotQoe menyediakan platform pemesanan ruangan untuk kebutuhan sewa ruang meeting murah Kamu. Kebutuhan ruangan private, nyaman dan terpercaya dengan mudah Kamu dapatkan di SpotQoe. Bekerjasama dengan brand hotel, restaurant, cafe hingga coworking space ternama, pencarian hingga pemesanan ruangan lebih cepat, mudah dan banyak pilihannya.

 

Nah, jika Kamu sudah menentukan harga paket meeting hotel Jakarta atau kota-kota lainnya  yang sesuai, pemanggilan RUPS dilakukan dalam jangka waktu paling lambat 14 hari sebelum RUPS diselenggarakan. Selain dengan surat tercatat, pemanggilan RUPS dapat juga dilakukan melalui surat kabar. Dalam pemanggilan itu harus dicantumkan; tanggal, waktu, dan agenda rapat. 

 

Semoga dalam setiap RUPS, keputusan yang diambil sudah tepat dan berdasarkan musyawarah yang mufakat ya!

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu