Breaking

blog single post
Working

Remote Working Bukan Sebatas Kerja Di Luar Kantor

Apa sih definisi sebenarnya dari remote working? Banyak orang memahaminya sebagai orang yang bekerja di luar kantor, namun itu baru sebagian saja dari pengertian yang lebih luas lagi. Apakah hanya freelancer saja yang bisa dikatakan sebagai pekerja remote atau bagaimana? Untuk lebih jelasnya Anda bisa baca penjelasan berikut ini.

 

Remote Worker

Sedikit mengulang apa yang sudah disebutkan di atas bahwa seseorang yang bekerja di luar area kantor bisa disebut dengan remote worker. Nah ada dua jenis remote worker yang dibedakan berdasarkan statusnya.

  • Seorang karyawan yang diperbolehkan untuk bekerja di manapun yang ia rasa nyaman, dan hanya diwajibkan datang ke kantor beberapa kali dalam seminggu. Ini biasanya diberlakukan bila posisi pekerja masih di dalam kota yang sama dengan lokasi perusahaan

  • Seorang freelancer yang memang tidak terikat dengan peraturan absensi sehingga ia bebas bekerja dari cofee shop ataupun rumah pribadinya      


Distributed Team

Pekerja remote juga bisa berarti sebuah tim yang terpencar secara geografis, entah itu berbeda pulau bahkan berbeda negara. Dalam kondisi kerja seperti ini, tidak jarang personil tim bahkan tidak pernah bertatap muka sama sekali satu dengan lainnya dan komunikasi yang dilakukan sebatas di dunia maya. Untuk itulah kemampuan komunikasi dan koneksi internet yang mumpuni amat sangat dibutuhkan. Ada dua jenis juga di dalam tim ini:

  • Pekerja bisa memilih sendiri tempat kerja favoritnya, atau

  • Menggunakan fasilitas yang sudah disediakan perusahaan di lokasi tertentu  


Digital Workplace

Remote working juga bisa berarti pemanfaatan teknologi yang memudahkan komunikasi dan kolaborasi antar anggota tim yang berjauhan.

  • Cloud storage seperti Dropbox atau Google Drive adalah contoh yang banyak diggunakan sehari-hari

  • Sedangkan untuk komunikasi dan berbagi data, mereka bisa menggunakan salah satunya perangkat seperti Slack atau Hangout   


Perbedaan definisi ini dipengaruhi oleh kebijakan yang diterapkan oleh setiap perusahaan. Masing-masing sistem kerja ini tentu memiliki kelebihan dan juga kekurangan baik bagi perusahaan maupunbagi individu pekerjanya sendiri. Yang jelas definisi ini bisa dijadikan acuan bagi perusahaan saat menyusun job description untuk menarik calon pelamar kerja.  



Baca juga: 6 Trik Menyinergikan Tim dengan Sistem Kerja Remote

 

 

 

 

Sumber : remote.co

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu