Breaking

blog single post
People

Sehat Kerja Depan Komputer, Gimana Caranya?

Sebagai pekerja kantoran, hampir seluruh hidup Anda berkutat di depan komputer. Anda harus memandangi layar delapan hingga dua belas jam sehari. Anda yang mengetik dan terpaku di depan komputer pasti sering merasakan hal yang tidak mengenakan, seperti kurang gerak, mata yang lelah karena harus memandang layar komputer sepanjang hari, serta terkadang mengalami sakit kepala, hingga sakit punggung. Hal ini bukanlah kebiasaan yang menyehatkan untuk tubuh Anda. Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar tetap sehat ketika bekerja seharian di depan komputer. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini:

Mengatur Jarak Pandang

Anda harus mengatur jarak pandang dengan komputer. Apabila jarak pandang tidak seimbang, hal ini menyebabkan mata serta persendian Anda juga akan berisiko mengalami masalah seperti mata kering, sakit leher juga sakit bahu.

Buat Alarm Satu Jam Sekali

Setel alarm setiap sejam sekali untuk Anda menyempatkan diri menggerakan badan. Cara ini penting untuk dilakukan agar Anda bisa meregangkan otot serta memperlancar aliran darah.  Tidak perlu memakan waktu yang lama dan peregangan otot yang sulit, Anda hanya perlu berjalan melingkari ruang kerja atau sekedar menuruni tangga beberapa lantai untuk kemudian naik kembali ke ruangan.

Coba Untuk Naik Turun Tangga Dan Berjalan Kaki

Hampir sama dengan cara diatas, Anda yang bekerja di gedung bertingkat bisa melakukan kegiatan naik tangga untuk kemudian menuruni tangga beberapa lantai. Selain itu, Anda juga bisa mencoba untuk berjalan kaki diseputaran lahan parkir kantor. Tak hanya meregangkan otot, kegiatan ini juga bisa menghilangkan rasa kantuk yang biasa Anda alami saat berada di depan komputer terlalu lama.

Minumlah Banyak Air Putih

Minum banyak air putih tak hanya baik untuk kesehatan Anda, tetapi juga memiliki banyak manfaat lain diantaranya melindungi kelembapan kulit. Dengan banyak meminum air putih, Anda otomatis akan bolak balik ke kamar kecil, sehingga hal ini juga sekaligus sebagai cara untuk Anda meregangkan otot-otot setelah berkuta di depan komputer.

Atur Penampilan Layar

Anda bisa mengatur besar kecilnya tingkat kecerahan dan ukuran di layar komputer. Sebaiknya jangan terlalu kecil serta sangat jelas agar tidak menyebabkan mata Anda kelelahan, mengantuk dan kelelahan serta sakit kepala.

Biasakan Untuk Berkedip

Mungkin sesuatu yang terkesan simpel, namun hal ini penting untuk menolong Anda kurangi masalah kesehatan pada mata. Untuk Anda yang banyak menghabiskan waktu di depan layar komputer, selain berkedip Anda bisa mencoba untuk menutup mata beberapa saat sebagai bentuk mengistirahatkan mata.


Nah itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan, agar kesehatan tetap terjaga dikala bekerja cukup lama di hadapan layar komputer. Selamat mencoba!



Baca Juga : Bekerja Dari Jarak Jauh Tidak Selamanya Baik

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu