Breaking

blog single post
Aktivitas Bisnis

Sekretaris, Ini Cara Buat Notula Rapat Yang Baik

Sebagai seorang sekretaris, Anda mempunyai salah satu tugas yaitu membuat notula rapat dari agenda meeting yang telah dijalani. Sekretaris diharuskan membuat ringkasan berupa catatan apa saja yang telah dibahas dalam sebuah meeting. Setelah disetujui oleh pemimpin, selanjutnya notula rapat tersebut dibagikan ke peserta rapat. Seperti halnya sebuah surat, notulen rapat juga memiliki susunan agar rapih dan mudah dipahami. Untuk Anda para sekretaris, berikut cara membuat notula rapat yang baik.

Kepala notulen rapat

Sebagai pembuka, di bagian awal notulen rapat harus berisi antara lain topik yang di bahas secara singkat, waktu (hari dan tanggal) diadakannya meeting, tempat acara meeting, serta informasi ketua, wakil ketua, sekretaris, hingga peserta rapat. Karena notulen harus menyertakan daftar lengkap peserta meeting yang hadir, maka memudahkan kerja Anda, di saat meeting edarkan lembar daftar hadir berisikan nama, perusahaan serta kontak mereka.

Isi notulen rapat

Saat membuat bagian isi notulen rapat, Anda harus menyertakan hal-hal seperti kata pembuka, topik pembahasan yang lebih mendalam, pembacaan keputusan dan waktu penutupan. Jika Anda hanya melaporkan ringkasan singkat dari diskusi, ditambah poin tindakan, maka Anda dapat mendengarkan diskusi dan kemudian meringkasnya dalam bentuk catatan. Namun, jika Anda diminta untuk menuliskan poin-poin utama yang dibuat oleh masing-masing pembicara, maka Anda perlu membuat catatan yang lebih lengkap, termasuk nama atau inisial yang berbicara dalam rapat.

Akhir notulen rapat

Pada bagian akhir notulen rapat biasanya berisi penjelasan atau kesimpulan mengenai acara meeting yang telah digelar. Selain itu terdapat informasi penyetujuan notulen rapat oleh pemimpin seperti keterangan nama jelas, jaatan atau pangkat, tanda tangan serta Nomor Induk Pegawai.  


Nah, itu tadi beberapa hal yang perlu Anda para sekretaris ketahui mengenai cara membuat notula rapat yang baik, terstruktur dan mudah dipahami. Oiya, bagi Anda para sekretaris yang mengalami kesulitan mencari ruang meeting, gunakan Aplikasi SpotQoe untuk temukan hotel, restoran maupun cafe yang sesuai dengan agenda meeting perusahaan atau organisasi Anda. Tidak perlu bingung dan khawatir, dengan meluncur ke situs www.spotqoe.com atau download aplikasinya di Google Play dan App Store, Anda bisa cepat dapatkan bermacam rekomendasi meeting space yang sesuai dengan budget. Anda tinggal mencari, memilih dan memesan secara online, tempat meeting yang disewakan bisa Anda dapatkan lebih mudah.

 

 

Baca Juga : Tantangan Menjadi Sekretaris

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu