Breaking

blog single post
People

Sering Jalan Bareng Memperkuat Hubungan dengan Rekan Kerja

Bergaul baik dengan rekan sekerja sama pentingnya dengan bekerja itu sendiri. Apalagi dengan rekan satu tim dimana Anda akan bertemu dan bekerja bersama setiap harinya. Momen-momen seperti makan siang atau mengadakan acara nongkrong bareng merupakan taktik jitu untuk mempererat ikatan di antara Anda dan tim. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Cornell University mendapati bahwa makan bersama dapat meningkatkan produktivitas kerja serta membangun kedekatan.


Mudah dikatakan memang, tapi tidak selalu mudah dilaksanakan. Apalagi untuk pribadi tertutup yang kesulitan untuk membuka diri. Dibutuhkan orang yang cukup bermental baja untuk terus membujuk agar si tertutup tadi sampai pada akhirnya bisa membaur dengan rekan-rekan lainnya.

 

  • Saling memahami karakter satu sama lain

Seringnya menghabiskan waktu bersama rekan kerja memungkinkan Anda semakin memahami siapa dan bagaimana sesungguhnya karakter atau watak partner kerja Anda. Ini bisa menjadi semacam insight untuk bagaimana sih cara yang pas untuk meminta bantuan atau bahkan bagaimana caranya menegur supaya ia tidak tersinggung.


  • Membangun budaya kerja yang sehat

Dengan semakin memahami siapa dan bagaimana partner kerja masing-masing, suasana kerja pun semakin akrab tanpa adanya rasa segan atau salah paham yang terjadi. Apalagi lingkungan kantor rawan adanya gosip. Hubungan yang solid di dalam tim akan mematahkan gosip karena Anda tidak segan mengonfirmasi langsung kepada yang bersangkutan. Ini pretensi yang baik bagi iklim bekerja.     


  • Networking dari lingkungan terdekat

Yang namanya networking itu tidak selalu berarti bertemu dengan orang asing dalam sebuah acara tertentu. Mulailah dari yang ada dulu yaitu teman satu tim Anda. Seringnya bercengkrama bersama tentu akan ada cerita-cerita mengenai orang tua, keluarga atau teman dari rekan sekerja kita. Siapa tahu suatu saat lewat mereka justru Anda bisa minta bantuan baik dalam hal kerjaan maupun pribadi.


  • Membangun kepedulian satu sama lain

Setelah sekian lama bekerja berdampingan, sudah pasti Anda kehilangan bila saut hari saja rekan sekerja tidak muncul bukan? Pertanyaan standar seperti 'Si A kok ngga ada?' sudah hampir pasti terucap ketika salah satu orang di dalam tim tidak tampak batang hidungnya.


  • Menjalin kerja sama yang solid dan saling mendukung

Bahwa setiap orang pasti melakukan kesalahan itu sudah menjadi kodrat. Namun berbeda urusannya bila Anda disupport oleh tim yang solid, kesalahan yang terjadi akan ditanggung bersama dan diperbaiki juga bersama oleh tim.


  • Hubungan akrab mengurangi stress

Serupa dengan kesalahan pada saat bekerja, stress juga sudah bisa dipastikan selalu ada. Namun hadirnya tim yang akrab membuat beban kerja masih bisa dibawa asik. Bergurau dan tertawa di sela-sela kerja berperanbesar dalam menurunkan tingkat stress seorang pekerja. Dan ini tidak bisa didapatkan bila hubungan Anda dan tim tidak terjalin dengan baik.  


BACA JUGA: Pentingnya Menyelaraskan Perbedaan dalam Pergaulan Kerja








 



Sumber : hrinasia.com

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu