Breaking

blog single post
People

Setiap Orang Butuh Hidup yang Seimbang

Di antara kesibukan Anda dalam bekerja, berapa banyak waktu yang Anda luangkan untuk keluarga? Bila Anda berangkat pada jam 7 pagi dan sampai di rumah jam 9 setiap malam maka total 14 jam Anda berada di luar rumah. Tersisa 10 jam untuk Anda meluangkan waktu bersama keluarga, untuk bersantai-santai menikmati 'me time' dan istirahat.


Apakah itu kehidupan yang ideal menurut Anda? Atau adakah cara lain yang Anda ingin usahakan agar hidup yang Anda jalani memiliki pola yang berbeda?


Tentukan tujuan Anda

Menyelesaikan sekolah kemudian berkuliah dan bekerja adalah fase hidup manusia kebanyakan. Setelah membuang uang untuk belajar tentu Anda ingin kembali modal bukan? Nah bekerja pada orang atau perusahaan adalah caranya.


Namun ada juga yang sejak muda usia sudah berkeinginan untuk berkeluarga sehingga karir tidak utama bagi mereka. Tentukan dulu apa tujuan Anda, apakah berkarir atau berkeluara, atau mungkin ada lagi tujuan-tujuan lainnya.


Jalani sebaik-baiknya

Setelah Anda menentuan target, langkah selanjutnya adalah menjalaninya dengan semaksimal mungkin agar mencapai sasaran.  


Bila mimpi Anda adalah memiliki 1 unit mobil Mini Cooper, maka incarlah posisi di perusahaan yang sanggup membayar Anda tinggi agar mobil impian Anda terbeli :)


Dengan begitu Anda akan terpacu untuk terus meningkatkan diri terus menerus agar sampai di level kualitas yang pantas untuk berada di posisi yang tinggi.


Buat pemetaan

Yup! Seperti layakgnya jadwal event tahunan perusahan, rencana-rencana pribadi Anda pun bisa Anda petakan setiap tahunnya. Mungkin tidak sekaku jadwal perusahaan, namun paling tidak Anda punya patokan apa yang harus dicapai tahun ini dan beberapa tahun ke depan.


Buat rincian per bulan dari mulai pertama kali anda mulai bekerja, hingga kemajuan yang Anda alami. Prestasi yang Anda raih di 3 bulan pertama misalnya, perlu juga Anda tuliskan agar setiap perkembangan bisa terlihat. Dengan begitu Anda dapay menilai diri sendiri apa saja yang sudah dicapai, bagian mana yang masih kurang dan apa lagi yang ingin diraih. Jangan malu untuk menempelkan pemetaan ini di dinding ruang kerja sebagai motivasi pribadi.


Buatlah perencanaan yang sama untuk kehidupan pribadi Anda. Usia berapa ingin menikah, kapan ingin punya anak, kapan harus punya rumah dan kendaraan, seberapa sering bertualang bersama keluarga keliling dunia, dan sebagainya.


Anda yang harus mengontrol kehidupan Anda menjadi seimbang. Hidup bukan melulu soal mencari uang. Hidup adalah ketika Anda menjalaninya dengan gembira dan penuh rasa syukur.


Baca juga: Lebih Sehat Gaya Hidup Dahulu atau Sekarang?

 


 









Sumber : payscale.com

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu