Breaking

blog single post
Profesionalisme

Skill yang Dibutuhkan Dunia Kerja Tahun 2030

Kebutuhan kerja dimasa mendatang tidak hanya akan dimonopoli oleh manusia. Teknologi AI dan robot sudah mulai diterapkan di berbagai belahan dunia untuk nantinya diharapkan bisa menjadi partner kerja manusia. Laporan dari British innovation foundation Nesta dan University of Oxford Martin Schools menyatakan bahwa perubahan-perubahan di dalam dunia kerja mau tidak mau akan berpengaruh juga terhadap skill yang harus dikuasai oleh seorang pekerja di tahun 2030 nanti.  

 

1. Kolaborasi antar jaringan

 

Dengan tren kerja yang mengedepankan remote working dan pemanfaatan penyimpanan data di cloud, membuat para profesional nantinya juga harus menguasai skill bagaimana mengolaborasikan semuanya dan memanfaatkannya untuk keperluan bisnis.

 

2. Tangkas dan adaptif

 

Kita hidup di jaman yang serba tidak menentu dan bisa berubah setiap saat. Karena itu menjadi pribadi yang tangkas dan mudah beradaptasi adalah skill yang menjadi keharusan. Kemampuan ini selain merupakan bawaan lahir seseorang, namun juga bisa dilatih dengan memperbanyak interaksi dengan orang.     

 

3. Inisiatif dan kewirausahan

 

Inisiatif dalam dunia kerja bisa mengarahkan seseorang pada pemecahan masalah, peningkatan performa diri dan berbagai hal lainnya. Termasuk di dalamnya berpikir skill dari sudut pandang bisnis.

 

4. Komunikasi yang efektif

 

Komunikasi bukan hanya soal teknis seperti tata bahasa, namun lebih kepada bagaimana Anda mengekspresikan gagasan sehingga atasan maupun kolega Anda dapat memahaminya. Dapatkah anda menyampaikan argumen dengan tepat? Dapatkan Anda menginspirasi orang lain? Dan dapatkan Anda memromosikan diri Anda sendiri dan atau produk, kepada orang lain?

 

5. Menilai dan Menganalisa Informasi

 

Tidak semua informasi yang Anda terima bisa diandalkan. Kemampuan untuk menilai info mana yang sekiranya kredibel dan mana yang hoax menjadi penting di jaman sekarang. Dalam konteks bekerja, contoh sederhananya adalah menyikapi rumor yang beredar di lingkungan kerja. Kemmapuan menganalisa akan membuat Anda memiliki sikap dan membentengi diri dari sekedar "ikut-ikutan".  

 

6. Keingintahuan dan imajinasi

 

Rasa ingin tahu dapat memicu inovasi. Bila digabungkan dengan imajinasi yang tinggi maka seseorang akan bisa menyiptakan temuan-temuan baru yang tidak mustahil akan berguna bagi dirinya dan menghasilkan keuntungan bagi perusahaan.

 

7. Pemikiran yang kritis dan kemampuan memecahkan masalah

 

Buatlah diri Anda bukan hanya terbiasa menjawab pertanyaan, tapi juga membuat pertanyaan. Karena ini berarti Anda memiliki pola pikir yang kritis yang berguna sebagai cara untuk memecahkan masalah. Cari pokok permasalahan hingga ke akarnya, barulah anda bisa mencari solusi untuk memecahkannya.

 

 

Baca juga: Soft Skill Penunjang Profesionalisme

 

Sumber : careeraddict.com; singularityhub.com; technologyreview.com

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu