Breaking

blog single post
Informasi

Startup Menjamur, Bisnis Coworking Space Tambah Subur

Peningkatan usaha rintisan berpengaruh sangat positif terhadap ekonomi Indonesia, salah satu bidang rintisan yang ramai pengunjung adalah bidang digital. Tentunya hal ini juga berpengaruh terhadap ekonomi digital Indonesia, mengutip laporan e-Conomy South East Asia (SEA) Ekonomi Digital Indonesia telah mencapai 560 Triliun, yang sebagian besar disokong oleh startup atau usaha rintisan. Laporan tersebut dirilis oleh Google, Temasek, dan Bain Company.

 

Di luar startup raksasa yang sudah berlimpah dana investasi, masih banyak usaha rintisan yang mempertimbangkan pengeluaran dengan sebaik dan seefektif mungkin. Salah satu pengeluaran terbesar adalah kebutuhan kantor utama suatu perusahaan, di sini kebutuhan Coworking space murah mencapai tingkat yang tinggi.

 

Bagi perusahaan yang masih minim pendanaan, Coworking space murah menjadi pilihan tepat karena banyaknya keuntungan fasilitas yang didapat dan penghematan biaya yang tinggi. Beberapa keuntungan Coworking space adalah:

 

Baca Juga: Coworking Space di Jakarta yang Bebas Jalur Ganjil Genap
 

1. Bekerja di Coworking Space Jauh Lebih Produktif

Konsep terbuka dan suasana nyaman yang dibawa Coworking space lebih sesuai dengan perusahaan rintisan yang banyak diisi oleh kaum muda. Ditambah dengan fasilitas penunjang yang sudah tersedia seperti minuman, alat makan, wi-fi, kebersihan, dan ruang meeting sudah ditanggung oleh penyedia Co-working space, jadi Kamu tidak perlu pusing memikirkan hal tersebut dan hanya perlu fokus ke pekerjaan.


2. Co-working Space Membuka Ruang Koneksi yang Dibutuhkan

Satu Coworking space bisa mengakomodir beberapa perusahaan dalam satu lokasi, dengan demikian adanya kedekatan lokasi antar perusahaan memberikan potensi kerjasama antar perusahaan lebih mudah.


3. Minim Biaya Liabilitas

Dibanding menyewa satu gedung untuk perusahaan dalam jangka waktu lama, menyewa coworking space murah yang lebih minim ruangan membuat nilai liabilitas perusahaan semakin kecil. Sehingga apabila perusahaan diharuskan meninggalkan lokasi kantor secara paksa, biaya yang direlakan semakin kecil


Masih banyak lagi keunggulan Coworking space bagi perusahaan rintisan sebagai pilihan penyedia ruang kantor. Sebaliknya, bagi pengusaha yang ingin mendirikan Coworking space juga perlu menaruh perhatian atas tingginya perkembangan perusahaan rintisan di Indonesia. Pengguna fasilitas coworking space umumnya digunakan oleh freelancers profesional, usaha rintisan, hingga pelaku UKM.

 

Baca Juga: Tips Memulai Usaha dan Kantor untuk Pebisnis Pemula
 

Menurut data dari Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, per tahun 2019 Indonesia memiliki 1.307 perusahaan rintisan. Angka tersebut menjadi dasar bagi Kemenristekdikti untuk memasang target peningkatan hingga 4.900 perusahaan rintisan di Indonesia hingga 2024. Tingginya target pemerintah untuk memajukan perusahaan rintisan di Indonesia tentunya membutuhkan bantuan fasilitas dan infrastruktur yang memadai, salah satunya adalah Coworking space murah.

 

Peningkatan Coworking space di Indonesia sudah melonjak dengan pesat, menurut Sekretaris Jenderal Asosiasi Coworking Space Indonesia Felencia Hutabarat, jumlah perusahaan Coworking space di Indonesia melonjak signifikan dari hanya 45 bangunan pada 2016 menjadi hampir 200 bangunan, peningkatan hampir 400%. Peningkatan tersebut menjadi pertanda suburnya usaha coworking space murah di Indonesia, namun dengan tingginya target pada 2024 dan cepatnya perkembangan ekonomi digital Indonesia, coworking space menjadi harapan utama perusahaan rintisan untuk menyokong perkembangan usaha mereka.

 

Baca Juga: Rekomendasi Coworking Space Kece di Bandung

 

Banyaknya penyedia coworking space di Indonesia kadang membuat Kamu semakin kewalahan. SpotQoe.com adalah solusi inovatif yang siap menjawab kebutuhan masyarakat atas kebutuhan coworking space.

 

SpotQoe.com menyediakan lebih dari 4000 ruangan dari berbagai penyedia coworking space mulai coworking space murah hingga yang mewah di seluruh Indonesia. Kemudahan mencari coworking space murah untuk kebutuhan kantor operasional perusahaan diharapkan dapat memajukan operasional dan kesuksesan para pelaku usaha kecil menengah maupun pelaku usaha besar di Indonesia.

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu