Breaking

blog single post
Scale

Startup Tidak Hanya Didominasi Oleh Milenial

Anggapan bahwa kaum Milenial mendominasi pasar startup tidak sepenuhnya benar. Secara karateristik mereka memang cocok untuk bekerja menjadi karyawan startup karena iklim yang bebas, tidak kaku dan sangat dinamis. Namun menurut Wall Street Journal, sejak 1980-an jumlah pendiri bisnis yang berusia di bawah 30 tahun turun hingga 65 persen.  


Seakan menegaskan fakta tersebut, sebuah studi yang dilakukan oleh Duke University, Duke University, the Kauffman Foundation, the Founder Institute, dan Northwestern menemukan bahwa rata-rata orang memulai bisnis startup-nya di usia 40 tahun-an, dan usia rata-rata pimpinan startup yang sukses adalah 45 tahun.   


Beberapa pihak berpendapat bahwa usia muda memiliki kelebihan dari sisi ketahanan fisik karena memiliki bisnis sendiri pasti akan kekurangan jam tidur, serta mereka tidak takut mengambil resiko. Meski begitu para senior mereka memiliki pengalaman yang lebih luas, memiliki lebih banyak kenalan serta lebih bijaksana.


Mungkin Anda masih sedikit sanksi mengenai apa hubungannya usia dengan kesuksesan bisnis startup? Adeo Ressi, founder dari the Founder Institute menyatakan bahwa secara umum orang dengan usia dewasa sudah merasakan pahit manisnya hidup yang memberikan mereka pengalaman yang lebih dibanding para juniornya.


Pantang mundur

Satu dari sembilan startup bisa jadi akan gagal, karena itulah orang-orang yang sudah cukup matang dalam bisnis ini akan lebih siap menghadapi resikonya dibanding adik- adik Milenial. Mereka turun tangan langsung menjalankan bisnisnya, belajar dari kesalahan yang pernah dilakukan dan karenanya tidak lagi takut akan kegagalan.  

 

Menghasilkan uang dari inovasi

Kaum muda sering menyalahartikan bahwa inovasi yang mereka ciptakan membuat mereka secara otomatis menjadi seorang pengusaha. Namun pada kenyataannya mereka adalah inovator, sementara para seniornya yang lebih memahami bagaimana menjadikan inovasi-inovasi itu menjadi rupiah adalah pengusaha yang sesungguhnya. Orang-orang ini mewakili satu startup yang berhasil bertahan dari persaingan dengan sembilan startup lainnya.  


Baca juga : Siapkan Mental dengan 5 Tips Ini Sebelum Mulai Bekerja di Startup

Sumber : entrepreneur.com; inc.com

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu