Breaking

blog single post
Ecommerce System

Strategi Promo yang Cocok Diterapkan oleh B2B

Berbeda dengan cara pemasaran yang diterapkan oleh bisnis dengan target B2C, menjual produk maupun jasa kepada calon customer B2B membutuhkan strategi yang berbeda. Bila voucher atau kupon potongan harga digemari oleh customer B2C, tidak begitu halnya terhadap B2B yang membeli sebuah layanan berdasarkan hubungan baik serta rasa percaya.


Lakukan pendalaman materi terhadap target market B2B Anda sehingga akan terlihat pemetaan yang jelas siapa dan seperti apa identitas customer yang sudah Anda maupun calon customer yang ingin disasar. Identifikasi ini kurang lebih menyakup:

  • Usia

  • Jenis kelamin

  • Profesi

  • Latar belakang pendidikan

  • Domisili

  • Hobi

  • Latar belakang pasangan

  • Berapa jumlah anak

  • Usia anak, dan lain sebagainya


Semakin detil riset demografi yang Anda lakukan, akan semakin membantu Anda dalam merancang program-program yang spesifik. Sementara itu metode promosi yang bisa dilakukan untuk bisnis B2B bisa dihadirkan melalui cara-cara berikut.


Aktif hadir di acara ekshibision dan pameran

Pameran dan eksibisi merupakan ajang di mana perusahaan-perusahaan besar bertemu untuk saling mempromosikan bidang bisnis yang dijalani. Event-event besar seperti ini baik untuk menjaring customer baru sekaligus manjadi strategi untuk meyakinkan kepada customer lama bahwa bisnis Anda eksis di tengah persaingan dunia.


Memberikan sample produk dan atau merchandise

Memberikan contoh produk secara cuma-cuma kepada calon customer potensial bisa dipertimbangkan sebagai cara mendapatkan kepercayaan customer. Kelebihan dari sebuah sample adalah bisa langsung didemonstrasikan oleh sales langsung di hadapan calon customer.


Pertukaran produk

Menukarkan barang lama dengan yang baru dirasa cukup ekeftif untuk menjaring mintar customer B2B. Cara ini juga sering dijumpai pada transaksi level B2C di mana pelangggan bisa mendapatkan barang yang baru dengan menukarkan barang lama dengan menambhkan nominal tertentu.  


Memanfaatkan saluran sosial media

Promosi atau ads di Facebook, Instagram, serta Google bisa juga dijalankan namun efeknya terhadap penjualan B2B perlu dipelajari lebih lanjut mengingat bisnis ini mengandalkan hubungan baik serta kepercayaan yang dipupuk sekian lama. Sosial media, iatau webinar bisa saja dilakukan namun sifatnya sebagai pendamping dari tiga cara sebelumnya.


BACA JUGA: Ragam Jenis Ecommerce Selain B2C dan B2B

 







Sumber : huffingtonpost.com; business.com

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu