Breaking

blog single post
Edukasi

Studi: E-Mail Kantor yang Selalu Aktif Merusak Work-Life Balance Milenial

Ketika membicarakan teknologi, itu bisa berarti sebuah anugerah atau justru pemasalahan baru. Khususnya saat berhubungan dengan pekerjaan. Email biasanya selalu dalam keadaan “on” setiap harinya baik itu untuk urusan pekerjaan. Yang menjadi menarik adalah sebuah studi yang menemukan bahwa e-mail tidak hanya mempermudah urusan pekerjaan. Tapi justru mengganggu keseimbangan kehidupan kerja milenial. Jika Kamu pernah datang ke coffee shop, café, restaurant, dan Co-Working Space murah terbaik di waktu malam hari atau weekend, pasti akan menemukan milenial yang sedang bekerja di depan laptop mereka.

 

Hasil Penelitian Membuktikan

Adobe email study situations on where consumers check email

Sebetulnya fakta ini tidaklah mengejutkan. Melihat bahwa e-mail memberikan dampak besar karena jumlah rata-rata akun email per rasio pengguna sekitar 1,75 pada tahun 2018. Pada tahun 2022 akan bertambah menjadi 1,86 akun per pengguna. Artinya, rata-rata orang menghabiskan lebih dari 3 jam memeriksa email kantor setiap hari.

 

Sebuah studi menemukan bahwa rata-rata milenal mengecek e-mail mereka pada pukul 06.37 pagi dan menggunakan e-mail sekitar 12 jam sehari. Terdapat juga hasil dari survei konsumen yang dilakukan oleh Adobe terhadap 1.000 e-mail pekerja Amerika untuk menngetahui perilaku milenial. Hasilnya, milenal memeriksa e-mail pekerjaan mereka di kamar mandi.

 

Dengan e-mail yang terus menyala, tidak ada batas akhir waktu bekerja yang jelas untuk milenial. Mengecek pesan e-mail dari ekan kerja atay mengerjakan sedikit tugas dari atasan mungkin terdengar sepele. Namun, komunikasi kecil yang berulang di waktu weekend dan waktu selesai kerja ini jika diakumulasikan tentu sangat mengganggu keseimbangan kehidupan kerja milenial. Bahkan, studi Adobe menunjukan bahwa 61% dari milenial memeriksa e-mail pribadi di tempat tidur dan 36% sisanya memeriksa e-mail kantor saat melakukan aktifitas lain sebelum tidur.

 

Baca Juga: Cara Merangkul Tech Savvy Milenial di Event

 

Dampak Terhadap Kesehatan

Dalam laporan APA pada tahun 2017 tentang stres, menunjukan bahwa teknologi dan e-mail memiliki dampak negatik pada kesehatan fisik dan mental generasi milenial  karena mereka berada dalam kelompok yang diklasifikasikan sebagai “constant checker”. Mereka yang selalu dekat dengan perangkat elektronik tidak pernah jauh dari pekerjaan.

 

Banyak milenial yang merasa kewalahan dengan jumlah e-mail yang diterima. Namun, menurut Bupa, 22% dari milenial percaya bahwa mereka akan dipandang tidak berkomitmen terhadap pekerjaan jika tidak segera merespin e-mail meskipun berada di luar jam kerja yang akan berdampak pada karir. Oleh karena itu, berbagai tempat seperti café, coffe Shop, restaurant, dan Co-Working Space terbaik selalu penuh dengan milenal yang masih bekerja hingga malam.

 

Baca Juga: Isi Tas yang Perlu Dibawa Saat Bekerja di Co-Working Space

 

Untuk itu, para milenial merasa lebih produktif di saat bisa menujukan komitmen kepada perusahaan meskipun terdapat konsekuensi terhadap kesehatan fisik dan mental. Studi menunjukan bahwa tekanan jangka panjang seperti ini bisa menyebabkan gangguan kecemasan, depresi, sifat mudah marah, sakit kepala, sakit dada, permasalahan pada perut, dan gejala fisik lainnya.

 

Pablo Vandenabeele, Direktur Klinis untuk Kesehatan Mental di Bupa United Kingdom mengatakan bahwa waktu istirahat dari pekerjaan sangat penting untuk menjaga kesehatan mental yang baik. Karena memberikan pikiran dan tubuh untuk memulihkan diri.

 

Apa yang Harus Dilakukan?

Strategi sederhana yang bisa diambil untuk meningkatkan keseimbangan kehidupan pekerjaan dan personal adalah dengan tidak menggunakan ponsel saat makan malam, dan mematikan notifikasi media social. Memilih untuk tidak terus-menerus berhubungan dengan komunikasi online terkait pekerjaan bisa membantu meningkatkan performa fisik dan mental dalam jangka panjang. Sebisa mungkin jangan campur waktu personal dengan bekerja. Apabila memang sangat mendesak, sebaiknya jangan lakukan pekerjaan di rumah selama weekend. Kamu bisa menyewa Co-Working Space murah terbaik di SpotQoe.com. SpotQoe.com menawarkan 3.600 ruang untuk segala kebutuhan.

 

Sumber:

E-Mail Ruining Life-Balance For Millenials
Why Millenial Care So Much About Work Life Balance

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu