Breaking

blog single post
Edukasi

Suasana Bekerja untuk Mengatasi Sindrom Post Holiday Blues


Memasuki awal tahun, rasanya seperti memasuki hari senin pada setiap minggunya. Saat weekend biasanya kita sibuk dengan liburan, dan hari seninnya tinggal menyisakan capeknya. Begitu juga dengan bulan Desember. Setelah hingar bingar dengan liburan, lalu memasuki Januari yang penuh dengan tugas baru biasanya pekerjaan akan menjadi lebih berat.

 

Hal ini dinamakan dengan Post Holiday Syndrome atau terjemahan bebasnya "Sindrom Pasca Liburan". Liburan telah usai. Jumlah email dalam inbox Kamu sudah mencapai tiga digit. Jadwal meeting sudah mengantri. Sementara itu, Kamu malah tampak dan merasa seperti zombie. Apa saja yang bisa dilakukan untuk mengatasi post-vacation blues atau post-holiday syndrome?

 

Kamu sudah siap memasuki suasana kerja dengan deadline tinggi dari atasan?

 

Baca Juga: Meeting Akhir Tahun Sebelum Liburan? Siapa Takut!

 

Berikut ini beberapa cara yang dilakukan untuk mengatasi sindrom pasca liburan:

  1. Ambil satu hari santai. Sempatkan satu hari libur sebelum masuk kerja sehingga Kamu dapat merefresh kembali kepenatan Kamu setelah liburan.  Pergunakan satu hari tersebut untuk menata kembali persiapan kerjamu esok hari. Bisa leyeh-leyeh di rumah, atau bahkan baca buku inspiratif.
  2. Buat prioritas sebelum lanjut bekerja. Mulailah pelan-pelan dengan membuat daftar list hal yang harus Kamu kerjakan. Mulai dari balas e-mail, tanda tangan, meeting dan berbagai hal lain. Setelah itu, tentukan prioritas kerjanya. Baru deh Kamu bisa kerja pelan-pelan.
  3. Manjakan diri sendiri. Setelah lepas dari kehidupan senang-senang setelah liburan, saat kembali ke kehidupan nyata, nggak ada salahnya untuk memanjakan dirimu biar terbiasa dan nyaman lagi dengan keseharian. Mulai dari pesan makan kesukaanmu sampai hangout bareng teman-teman.
  4. Habiskan weekend pertama dengan bersenang-senang. Minggu pertama setelah liburan adalah minggu terberat. Makanya, Kamu pantas kok mendapatkan hari terbaik di weekend pertama. Habisin hari liburmu dengan hangout dengan teman-teman segeng atau bahkan reuni dengan teman sekolah. 
  5. Lihat foto-foto liburan kemarin. Biar post holiday syndrome-mu cepat sembuh, nggak ada salahnya kok untuk ngeliatin foto-foto liburan kemarin untuk mengenang masa-masa indah tersebut. Biasanya sih hal ini terjadi satu bulan pertama, lama-lama juga Kamu bosan. Selanjutnya pasti Kamu sudah lebih bisa menyesuaikan diri.

 

Jika Kamu bosan dengan suasana di kantor dan ingin suasana baru, SpotQoe bisa menjadi solusi untuk mengatasi Post Holiday Syndrome Kamu untuk mencari layanan pemesanan ruang sesuai dengan keinginan Kamu. Sekarang, mencari space seperti layanan pemesanan ruang untuk bekerja atau bahkan untuk meeting sangat mudah karena SpotQoe bisa menjawab kebutuhanmu.

 

Di SpotQoe, selain menyediakan layanan pemesanan ruang dengan waktu yang fleksibel di mana Kamu bisa memesan ruangan perjam atau perhari dengan biaya sewa sesuai kualitas ruangan yang diberikan, Kamu juga menyewa ruang kerja dalam jangka waktu tahunan.

 

Baca Juga: Tetap Sehat di Akhir Tahun, Ini Dia Tipsnya!

 

Selain suasana kerja yang baru, kadang-kadang, tidur adalah obat paling ampuh untuk mengembalikan stamina yang terkuras selama liburan atau selama perjalanan panjang. Inilah cara paling sehat untuk memicu endorfin dari tubuh Kamu. Zat yang 200 kali lebih ampuh dibanding morfin ini akan meningkatkan imunitas tubuh, menimbulkan rasa gembira, nyaman, dan relax. Bonusnya, lemak-lemak ekstra yang Kamu tuai sepulang berlibur akan lenyap terkikis.

 

Jika Kamu merasa sangat sulit untuk menyesuaikan diri dari keadaan santai menjadi sibuk kembali, ada baiknya bila Kamu kembali dari tempat liburan satu hari sebelum hari kerja. Selain akan memudahkan Kamu untuk kembali fokus, Kamu juga dapat menghindari perasaan lelah yang membuat Kamu tidak dapat bekerja secara maksimal.

 

Perubahan suasana santai liburan dengan suasana kerja yang serba dikejar waktu, bisa membuat pikiran stres dan buntu. So, selama beberapa hari tetap jaga ritme tersebut dengan cara seperti memilih tempat makan siang yang lebih fancy, dan menemui teman-teman Kamu untuk sharing serunya kisah perjalanan Kamu.

 

Baca Juga: Solusi Agar Semangat Kerja Karyawan Tidak Menurun

 

Tapi, kalau Kamu ternyata lebih tertarik melakukan pertemuan dengan teman-temanmu di coworking space yang lebih luas dan suasana nyaman, Kamu juga bisa memesannya melalui SpotQoe, loh, karena menggunakan jasa layanan pemesanan ruang melalui SpotQoe itu prosesnya sangat cepat.

 

Pemesanan ruangan di SpotQoe juga terhitung mudah, karena bisa dilakukan secara online. Hanya dalam hitungan menit Kamu sudah bisa mendapatkan ruangan yang Kamu inginkan. Kamu juga akan semakin dimudahkan dengan adanya mobile apps SpotQoe yang bisa diunduh di smartphone Kamu.

 

Jadi biarpun Kamu sedang di jalan, menunggu angkutan umum atau melakukan aktivitas lainnya, Kamu tetep bisa melakukan pemesanan ruangan di SpotQoe. Dengan begini, jadi lebih hemat waktu, tenaga, dan biaya tentunya!

 

Selain itu, melalui layanan pemesanan ruang SpotQoe, Kamu bisa mendapatkan berbagai macam space yang tersebar di seluruh Indonesia, seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Madiun, Tarakan, Bali, Pekanbaru, Medan, Lampung, dan kota kota lain di Indonesia. Space yang tersedia yaitu seperti coworking space yang sudah menjadi tempat favorit para freelance seperti blogger, desainer, youtuber, influencer, dll sebagainya. Harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau.

 

Baca Juga: Tips Agar Semangat Meeting Seharian Penuh

 

Nah, bermanfaat bukan? Ambil sisi baik dari berakhirnya liburan adalah bahwa Kamu punya kesempatan untuk beristirahat, bersantai, mengumpulkan uang kembali dan yang paling menyenangkan adalah merencanakan next holiday trip.

 

Bye bye post-holiday syndrome…

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu