Breaking

blog single post
People

Sukses Berbisnis dengan 4 Gaya Rapat Ini

Sejak ratusan tahun lalu, pertemuan-pertemuan resmi kerap diadakan oleh para penguasa diantaranya untuk membahas mengenai perjanjian dagang hingga perundingan mengenai wilayah kekuasaan. Kebiasaan berunding seperti itulah yang kemudian pada perjalanannya menjelma menjadi pertemuan/ rapat yang kita kenal sekarang, baik itu formal (rapat bisnis, presentasi proyek) maupun non-formal (reuni, pertemuan keluarga besar).  

Nah pertemuan tingkat tinggi seperti itu memang biasanya dilakukan dalam posisi duduk, dalam tatanan yang teratur. Berbeda dengan jenis rapat yang seringkali ditemui di jaman sekarang, di mana kesopanan tetap dijaga namun gaya rapatnya sendiri lebih dinamis, seperti penjelasan berikut.    

1. Standing Meeting

Melakukan rapat apalagi secara rutin dengan duduk di dalam ruangan sudah terlalu monoton bagi orang jaman sekarang. Itulah mengapa kemudian lahir istilah standing meeting dan walking meeting (akan dijelaskan dipoin berikut). Rapat dengan posisi berdiri biasanya dilakukan di pagi hari dengan durasi singkat tanpa perlu mencatat hal-hal yang khusus. Ini biasanya dilakukan untuk melaporkan perkembangan setiap harinya serta sarana untuk memotivasi tim.

2. Walking Meeting

Pernah mendengar istilah ini? Atau secara tidak disadari Anda malah sering melakukannya? Tipe rapat seperti ini paling cocok dilakukan oleh 2 orang, sambil menyusuri trotoar jalanan atau taman kota. Cara seperti ini akan memberi suasana yang berbeda dari pada sekedar duduk di dalam ruangan, sehingga perbincangan menjadi lebih bersemangat untuk akhirnya sampai pada kesimpulan yang diinginkan.

3. Lunch Meeting

Rapat yang dilakukan pada jam makan siang bisa menjadi ajang icip-icip menu seru bagi Anda dan klien. Triknya adalah pilih restoran yang menyajikan menu di atas standard agar calon klien Anda terkesan. Sssttt tapi ingat cek harganya dulu ya, sebelum bagian keuangan protes karena bujet yang Anda keluarkan terlalu tinggi

4. Business Dinner

Sedikit berbeda dengan lunch meeting yang bisa dihadiri dengan pakaian kerja, untuk menghadiri makan malam bisnis biasanya Anda diperbolehkan mengajak pasangan dan harus tampil lebih rapi lagi dengan batik atau jas untuk pria, dan gaun atau pakaian nasional untuk wanita. Persiapkan diri dengan percakapan yang bisa menghidupkan suasana agar deal penting bisa langsung terlaksana.     

Banyak cara yang bisa ditempuh ketika mempresentasikan sesuatu, dan tidak melulu harus dilakukan dalam suasana yang formal. Seiring waktu dan dengan banyaknya anak muda yang terjun ke dalam dunia bisnis, metode pengambilan keputusan yang lebih dinamis pun semakin disukai. Bagaimana dengan Anda?

Baca juga: Jangan Pergi Liburan Sebelum Membuat Notifikasi Email

 


Sumber : berbagai sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu