Breaking

blog single post
Inspirasi

Tampil Awet Muda Dengan Batik, Gimana Caranya?

Untuk Anda yang ingin menggunakan batik namun masih tak percaya diri karena berpikir batik membuat penampilan Anda menjadi tua, mungkin Anda bisa mencoba tips berikut ini. Bagaimana memilih dan mengunakan batik yang bisa membuat Anda modis dan tampak lebih muda. Apa saja? Ini dia tipsnya:

1. Gunakan warna terang

Warna cokelat mungkin telah menjadi warna khas dari batik. Namun warna-warna gelap membuat pemakai tampak lebih tua. Untuk tampilan lebih segar, Anda dapat menggunakan warna cerah dan pastel yang melambangkan jiwa muda dan lembut.

2. Pilih motif berbeda untuk beragam acara

Budaya Indonesia yang beraneka ragam mempengaruhi pula motif batik yang bermacam sesuai dengan daerahnya. Setiap motif biasanya memiliki makna dan pemakaiannya disesuaikan dengan suasana tertentu. Seperti misalnya untuk menghadiri acara formal, Anda bisa memilih motif batik penuh dan rumit. Untuk acara non formal, Anda bisa menggunakan batik dengan motif besar.

3. Model kekinian

Tampil muda dan dinamis bisa Anda wujudkan dengan memilih batik dengan model yang kekinian. Anda dapat membeli atau menjahit batik yang desainnya mengikuti tren busana terbaru yaitu modern futuristic. Batik bisa bermodel sabrina, lengan kupu-kupu, backless, model duyung, hingga peplum. Pilih batik yang tidak mengembang agar easy to wear.

4. Menggunakan blazer batik

Bagi Anda pecinta blazer, Anda bisa mengenakan blazer atau outer batik Jika Anda penyuka outer, maka bisa juga memakai luaran batik dengan inner polos. Model bergaya ini cukup sering dipilih karena memberikan tampilan yang elegan dan cocok untuk acara formal. Pastikan outer seperti blazer mampu memberikan tampilan yang tak berlebihan. Jika Anda memiliki badan curvy, maka pilih corak yang tak terlalu ramai.

5. Menggunakan rok batik

Anda dapat menggunakan rok bermotif batik nan manis. Untuk atasan disarankan Anda menggunakan kaos ataupun busana polos. Sementara bawahan sepatu, Anda bisa menggunakan flat shoes ataupun high heels yang warnanya masuk dengan atasan atau rok batik Anda, maupun warna-warna netral seperti hitam , cokelat dan abu-abu.

6. Memadukan dengan busana polos

Anda dapat memadukan batik dengan busana polos agar tidak tampak ramai, dan terlihat  trendi. Gunakan atasan ataupun bawahan polos yang bisa memberikan kesan simpel namun tetap cantik kekinian.

7. Tambahkan aksesori kekinian

Sangat disarankan untuk Anda menggunakan aksesoris yang bisa menyegarkan tampilan Anda. Untuk mini dress atau long dress batik, Anda dapat menyematkan aksesori belt dengan model simpel. Selain itu Anda dapat menggunakan salah satu diantara aksesoris seperti kalung, anting ataupun gelang yang simpel. Untuk kalung gunakan saat memakai atasan yang polos atau motifnya tidak ramai.


Itulah beberapa cara yang dapat Anda ikuti agar saat menggunakan batik, Anda dapat tetap tampil muda dan bersemangat. Selamat bereksperimen dengan batik Anda!



Baca Juga : Batik Indonesia Mendunia

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu