Breaking

blog single post
Edukasi

Tips Membuka Coworking Space, Bisnis Sewa Ruang Yang Kekinian

Di era serba instan seperti seperti sekarang ini, Coworking Space kerap digunakan para pelaku startup sebagai markas mereka dalam menjalankan usaha yang mereka rintis. Sebagai informasi, Coworking Space merupakan suatu ruangan terbuka yang disewakan untuk orang yang ingin memakainya. Sistem sewa ruang meeting murah yang ditawarkan pun beragam, mulai disewakan per jam, per hari, atau bahkan bulanan.

 

Selain itu, jenis ruangan yang disewakan Coworking Space pun berbeda-beda. Mulai dari open space office dimana satu ruangan ditempati oleh beberapa orang, sampai ruangan pribadi yang bisa dijadikan sebagai tempat sewa ruang meeting murah. Khusus untuk ruangan pribadi, ini biasanya ditujukan bagi mereka yang memang membutuhkan ruang bekerja privat dan seringkali disewakan dalam bentuk bulanan.

 

Di Indonesia, Coworking Space kian menjamur dalam beberapa tahun terakhir ini. Apalagi di kota-kota besar, seperti Jakarta dan sekitarnya, keberadaan Coworking Space yang menyediakan sewa ruang meeting murah banyak ditemukan.

 

Baca Juga: Buat Coworking Space Feels Like Home, Begini Caranya

 

Dari kacamata pebisnis, Coworking Space bisa menjadi sebuah peluang usaha baru yang menjanjikan keuntungan besar. Nah buat kamu yang berminat membuka Coworking Space, coba perhatikan beberapa tips membuka Coworking Space kekinian berikut ini ya.

 

1. Sesuaikan Budget

Hal paling mendasar yang perlu dipahami adalah batas finansial kamu untuk mendirikan sebuah Coworking Space. Apabila dana yang disiapkan terbilang sedikit, maka jangan terlalu banyak area kerja yang kamu buat.

 

2. Tentukan Target Pasar

Kamu harus menentukan Coworking Space milikmu ini akan ditujukan untuk siapa. Jika untuk mahasiswa, berikan harga sewa ruang meeting murah dan terjangkau dan tarif yang dihitung per-jam.

 

Tapi jika target pasar kamu adalah pemilik usaha dan starrup, kamu bisa memilih gedung atau tempat yang akan kalian sewakan nantinya dengan banyak ruangan guna menjadikannya ruang kerja privat.

 

3. Pilih Lokasi yang Strategis dan Mempunyai Lahan Parkir yang Luas

Lokasi yang strategis membuat Coworking Space mu menjadi pertimbangan utama orang-orang yang sedang mencari ruang bekerja. Jadi, bangunlah Coworking Space di tempat yang mudah diakses kendaraan umum dan dekat dengan keramaian.

 

Selain itu, tempat parkir yang memadai juga sangat dibutuhkan karena pengunjung Coworking Space tidak akan cepat-cepat pergi dari ruang kerjanya jika sudah asyik bekerja. Apalagi bagi mahasiswa dan startup yang sedang diburu dengan banyak deadline.


Baca Juga: Mengapa Coworking Space Terus Berkembang?

 

4.Berikan Beberapa Pilihan Tipe Ruangan

Setiap pemilik usaha yang sedang mencari ruangan pasti memiliki budget-nya masing-masing. Ada yang berencana untuk dipakai sendiri ataupun ada yang ingin memakainya dengan tim. Kamu harus memberikan beberapa pilihan ruangan bagi mereka agar bisa bebas memilih sesuai kebutuhan.

 

Tapi satu hal yang pasti, usahakan membuat tempat yang bisa dijadikan sebagai sewa ruang meeting murah.

 

5.Tentukan Fasilitas yang Ingin Diberikan Untuk Penyewa

Kamu bisa memberikan fasilitas seperti air galon dan wifi gratis kepada penyewa. Layanan simpel seperti ini bisa menarik perhatian calon penyewa. Kalian juga bisa menyediakan beberapa makanan kecil atau mungkin kopi yang dijual terpisah untuk penyewa yang kelaparan. Meski terlihat sederhana, namun hal sepele itu bisa membuat mereka betah berlama-lama untuk menyewa Coworking Space.

 

6. Harga Kompetitif

Coba riset terlebih dahulu dengan membandingkan harga sewa Coworking Space yang akan kamu buat, dengan kompetitor. Akan lebih baik mengambil untung sedikit namun berkelanjutan, daripada menargetkan untung banyak, namun sepi dari penyewa.

 

Caranya bisa dimulai dengan trik sederhana, yaitu memperbanyak spot untuk sewa ruang meeting murah, seperti yang ditawarkan oleh SpotQoe.com.

 

7. Hitam di Atas Putih

Terakhir, jangan lupa untuk menaruh semua perjanjian sewa-menyewa yang jelas saat penandatangan kontrak sewa. Hal ini bisa merugikanmu jika penyewa tanpa sengaja mengotori tembok atau merusak fasilitas yang ada seperti kursi dan meja kerja, maka kalian yang harus membayar biaya perbaikan dan renovasi jika dari awal tidak diperjelas.

 

Baca Juga: Start Up Menjamur, Coworking Space Makin Subur

 

Nah, di kotamu sudah ada Coworking Space belum? Banyak lho entrepreneurs yang membutuhkan ruang kerja selain di rumah. Mungkin ini bisa jadi salah satu ide buat sobat yang lagi mencari ide usaha. Selamat mencoba!

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu