Breaking

blog single post
Informasi

Tips Memilih Event Space yang Ideal dan Terbaik

Anda barangkali sudah sadar bahwa keberhasilan sebuah event juga sangat ditentukan oleh pilihan tempat atau venue-nya. Karena itu, tidak mengherankan kalau berbagai tempat event top 5 di Jakarta menjamin kesuksesan acara yang Anda selenggarakan. Sebab, selain kualitas tempat dan fasilitas yang tersedia, tempat event top 5 di Jakarta berlokasi di kawasan yang strategis sehingga memudahkan para pengunjung dari segi keterjangkauan.


Venue yang Tepat

Meski demikian, lokasi bukanlah satu-satunya faktor penentu sebuah venue yang tepat untuk event yang akan Anda selenggarakan. Ada berbagai faktor yang perlu dipertimbangkan lagi dalam memilih lokasi event yang ideal untuk acara Anda, sehingga tempat event top 5 di Jakarta tidak selamanya jadi pilihan yang pas.

Misalnya untuk siapa acara tersebut akan diselenggarakan? Siapa target audiensnya? Jika target audiensnya remaja, maka pemilihan venue bisa didasarkan pada venue yang sedang ngehits atau ngetren. Sebab, lokasi yang memang sedang ramai diperbincangkan para remaja pasti akan lebih mudah menarik perhatian mereka. Kemudian, jika target audiens Anda adalah kalangan menengah ke atas, yang umumnya jadi sasaran untuk event seperti fashion show, maka hindari pilihan tempat yang namanya kurang bergengsi.


Perhitungkan Kapasitas Venue

Jangan sampai Anda keliru dalam menghitung berapa kapasitas venue yang Anda butuhkan untuk acara nanti. Sebab, kapasitas atau daya tampung venue yang memadai jelas akan sangat mempengaruhi kenyamanan para pengunjung atau audiens, sehingga akan mempengaruhi seberapa sukses acara Anda nanti.

Jadi, jika kapasitas venue ternyata terlalu kecil, pasti para pengunjung akan merasa kurang nyaman. Hal tersebut bukan hanya akan mempengaruhi kelancaran selama acara berlangsung, tapi juga citra atau image Anda sebagai penyelenggara acara. Sama halnya dengan venue yang kapasitasnya terlalu besar. Sebab, Anda sebagai penyelenggara pasti ingin acara Anda full house. Dan venue yang terlalu besar bisa jadi justru memberikan kesan bahwa acara yang Anda selenggarakan tidak sukses lantaran terlihat terlalu sepi atau kosong, ketika jumlah pengunjung yang hadir sebenarnya sudah memenuhi harapan.


Kelayakan, Keamanan, Serta Kenyamanan Venue

Dari segi kelayakan, Anda bisa menengok peraturan tentang penyelenggaraan event yang sudah ada. Misalnya, jika event Anda adalah untuk produk rokok, maka lokasi penyelenggaraan acara tidak boleh dilakukan berdekatan dengan tempat-tempat tertentu, seperti rumah sakit atau sekolah. Selain itu, pengunjung acara juga harus dipastikan berusia di atas 18 tahun. Nah, pertimbangan-pertimbangan seperti itu akan membantu Anda dalam menentukan dan memilih venue acara yang tepat.

Keamanan juga jelas merupakan sebuah faktor penting dalam penyelenggaraan event, apapun jenisnya. Nah, pertimbangkan jenis acara yang akan Anda selenggarakan untuk menentukan pemilihan venue. Misalnya, jika acara tersebut adalah konser musik yang dapat memicu terjadinya keributan di antara para pengunjung, maka Anda bisa pilih lokasi yang berdekatan dengan kompleks atau markas besar institusi keamanan (misalnya Brimob dan Kodam).

Akan tetapi, jika acara musik yang akan diselenggarakan memiliki genre yang dianggap “berkelas” dan tidak identik dengan kerusuhan, misalnya jazz atau orkestra, maka auditorium adalah pilihan yang cocok. Apalagi pertunjukan music orkestra memang memerlukan ruang dengan kualitas akustik yang baik.


Luangkan Waktu untuk Survey

Proses ini memang bisa dibilang ribet, tapi manfaatnya sangat besar. Apalagi jika Anda akan menyelenggarakan acara di venue yang kurang familiar. Dengan melakukan survey, Anda pun dapat mengecek sendiri venue sehingga bisa merencanakan penataan ruangan yang pas untuk acara nanti. Selain itu, Anda juga bisa manfaatkan survey untuk melakukan perbandingan antara satu venue dengan venue lain karen masing-masing lokasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untungnya, sekarang Anda tidak perlu repot-repot lagi bolak-balik dari satu tempat ke tempat lain untuk melakukan survey venue acara. Sebab, sudah ada SpotQoe yang akan membantu Anda mencari venue terbaik untuk acara Anda, yang dapat Anda temukan berdasarkan kriteria tertentu yang Anda inginkan seperti lokasi maupun kapasitasnya. Anda juga bisa cari tempat event top 5 di Jakarta yang tersedia pada waktu yang diinginkan lewat SpotQoe!


Lebih praktisnya lagi, SpotQoe juga bisa diakses melalui aplikasi smartphone sehingga Anda bahkan tidak perlu lagi keluar waktu atau biaya ekstra untuk menemukan venue acara yang dibutuhkan. Jadi, tunggu apa lagi? Segera download SpotQoe di smartphone Anda sekarang untuk pencarian venue acara yang mudah, praktis, dan cepat!

 

 

Baca Juga : Sewa Event Space Melalui Event Organizer

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu