Breaking

blog single post
Inspirasi

Tips Memilih Tempat Event yang Sesuai untuk Bisnis Anda

Tentunya setiap orang pasti akan mencari tempat event yang sesuai dengan bisnisnya termasuk Anda. Wilayah yang strategis juga akan mempengaruhi kesuksesan dari bisnis yang sedang Anda kelola, selain itu faktor lain seperti kondisi tempat yang sesuai juga akan berpengaruh terhadap produk ataupun jasa yang Anda tawarkan. Untuk mendapatkan suatu tempat event yang strategis dengan biaya yang minim tentu tidaklah mudah. Untuk itu diperlukan beberapa survey sebelum Anda memutuskan tempat event yang sesuai. Berikut ini adalah beberapa tips untuk mendapatkan tempat event yang strategis dan tepat untuk menjalani bisnis Anda :

 

1. Tempat usaha yang mudah terlihat orang lain

 

Dengan lokasi yang mudah diakses dan terlihat banyak orang, tentunya usaha Anda lebih mudah untuk mendapatkan perhatian. Selain itu, keuntungan lainnya adalah Anda akan lebih mudah dalam memperkenalkan atau mempromosikan bisnis yang sedang Anda kelola. Dengan cara seperti ini, Anda dapat mengurangi biaya promosi sehingga dapat menekan budget yang dikeluarkan.

 

Contohnya adalah jika Anda memiliki usaha berupa jasa fotocopy, tentunya salah satu tempat yang sesuai yakni berada di lokasi yang cukup ramai seperti dekat dengan sekolah, perkantoran, maupun tempat umum lainnya yang biasanya membutuhkan jasa penyedia fotocopy.

 

2. Biaya yang dibutuhkan untuk menyewa tempat

Anda harus memperhitungkan seluruh pengeluaran jika Anda akan membangun suatu usaha, seperti menyewa atau membangun tempatnya. Perhatikan apakah seluruh keuntungan perbulannya mampu untuk menutupi semua pengeluaran yang ada seperti sewa lahan dan operasional bisnis berikutnya. Jika tidak, carilah sewa lahan dengan budget yang lebih kecil namun dengan keuntungan yang maksimal sehingga Anda tidak rugi.

 

3. Lokasi yang mudah diakses orang lain

Dengan lokasi yang dapat diakses dengan mudah, tentunya akan menjadi kenyamanan sendiri bagi konsumen yang akan berkunjung. Namun perhatikan juga dari segi fasilitas yang disediakan seperti lahan parkir. Percuma saja bila berada di lokasi yang strategis namun lahan parkir yang tersedia tidak memadai, konsumen pun akan merasa risih dan kurang nyaman akan hal itu.

 

Contoh lainnya adalah Anda membuka usaha di salah satu mall yang sering dikunjungi oleh pengunjung, namun dengan lokasi usaha di lantai teratas bagian pojok. Tentunya jumlah pengunjung akan berbeda jauh dengan toko yang mengambil lahan di lantai dasar meskipun dengan harga yang sedikit lebih mahal. Untuk itu, faktor akses menjadi hal yang sangat penting demi kenyamanan konsumen serta omset penjualan Anda sendiri.


4.     Memilih segmen pasar yang tepat

Memilih tempat usaha yang sesuai adalah salah satu hal penting yang wajib dilakukan oleh setiap pengusaha. Karena setiap jenis usaha yang ditawarkan setidaknya memenuhi permintaan masyarakat sekitar. Misalnya adalah ketika Anda akan membuka sebuah usaha pakaian, tentunya hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mendekati konsumen untuk mencari tahu apa saja yang sebenarnya sedang konsumen butuhkan. Langkah selanjutnya yaitu dengan usaha pendekatan tadi tentunya Anda akan memperoleh informasi sehingga barang yang Anda jual akan berpotensi laku di pasaran.

 

5. Perhatikan masalah perizinan tempat usaha

Hal ini sangat penting demi berlangsungnya usaha yang sedang Anda geluti. Selain itu, perizinan juga  tidak hanya berpatok terhadap usaha yang sedang Anda jalani, namun juga termasuk dengan segala jenis barang yang Anda tawarkan. Bila hal ini Anda remehkan, tentunya akan menjadi suatu resiko yang buruk di masa yang akan datang.

 

Misalnya Anda menyewa suatu tempat usaha dengan izin maupun sertifikat kepemilikan yang tidak jelas. Suatu saat nanti ketika lahan tersebut diambil kepemilikannya oleh pemilik yang asli, Anda tidak bisa berbuat apa-apa. Karena surat yang Anda peroleh tidak jelas dan tidak sah.

 

6. Perhatikan lingkungan sekitar tempat usaha Anda

Dalam memilih suatu tempat event yang baik, tentunya Anda juga harus memerhatikan lingkungan sekitar tempat usaha. Karena hal tersebut dapat berpengaruh pada kenyamanan dari konsumen itu sendiri. Selain itu, perhatikan pula daya saing di sekitar wilayah tersebut. Usahakan bisnis yang Anda kelola merupakan bisnis satu–satunya di wilayah tersebut, sehingga dapat meminimalisir daya saing.

Sumber : berbagai sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu