Breaking

blog single post
Inspirasi

Tips Menata Interior Kantor Sesuai Feng Shui

Ketika berbicara Feng shui, kebanyakan orang pasti berpikir sebuah seni menata rumah yang misterius. Banyak yang berangapan jika Feng shui hanya sekedar mitos belaka. Feng shui hanyalah sebuah kepercayaan dan tradisi turun temurun mengenai tata ruang.


Akan tetapi, seiring kemajuan teknologi dan infomasi yang semakin pesat Feng shui masih memiliki banyak peminat. Menurut para ahlinya, pheng Shui berkaitan dengan aliran dan sirkulasi energy kehidupan yang disebut Chi yang bergantung pada yin (energy positif) dan yang (energy negative). Alam semesta adalah medan energi yang luas. Feng shui mempelajari energi itu, gerakannya, dan bagaimana ia berdampak pada kita secara langsung atau tidak langsung.


Bahkan, tidk sedikit ahli interior dan arsitek yang mempercayai feng shui. Mereka percaya, dengan memilah dekorasi interior dan menjaga keseimbangan kesehatan energ dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan. Feng shui tidak hanya berlaku untuk hunian seperti rumah dan apartemen, kantor pun bisa menerapkan feng shui. Kantor adalah bagian dari kehidupan sehari-hari, tempat menghabiskan separuh hari untuk bekerja. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Kamu mulai mencoba membangun harmoni dan energi positif di tempat kerja dengan feng shui.


Berikut ini 10 Tips feng shui di kantor yang mudah diterapkan:


1.    Mengatur Posisi Interior dengan Jendela

Berbicara interior di kantor, yang paling penting tenetu saja meja kerja. Sebaiknya posisi meja membelakangi pintu masuk. Selain itu,  hendaknya arahkan meja kea rah jendela, dengan begitu, cahaya matahari busa masuk ke dalam ruang kerja. Salah satu elemen feng shui ini bisa dibilan yang paling utama di kantor, posis meja dan jendela.

 

Tujuannya agar nantinya bisa meningkatkan konsentrasi ketika Kamu bekerja da mendukung aliran energy positif. Bahkan lebih baik lagi jika Kamu diatur menghadap jendela agar bisa mengeluarkan aura positif.

 

Baca Juga: Jenis Usaha yang Diperbolehkan Mengunakan Virtual Office

 

2.    Menggunakan Interior Berwarna

Interior kantor yang berwarna sangat berpengaruh terhadap ambience kantor. Hal ini telah disebutkan dalam buku feng shui berabad-abad lalu. Warna interior yang digunakan nantinya akan diperhitungkan menurut Ba Zi yang bersangkutan. Misalnya, jika Kmau memiliki elemen Ba Zi hangat (kayu dan api) maka Kamu bisa menggunakan warna interior berwarna kehijauan dan kemerahan. Warna hijau mewakili kesegaran dan keseimbangan yang mampu memberikan kesan semagat selama bekerja

 

3.    Menghindari Peletakan Komputer Berhadapan

Komputer sudah menajdi peralatan yang wajib digunakan oleh kantor. Menurut feng shui, komputer lebih baik tidak diposisikan bersebelahan maupun berhadapan. Hal ini dipercaya bisa menimbulkan suasana kerja yang tidak nyaman dan memicu persaingan. Kamu bisa mengatasi ini dengan memberi sekat masing-masing bagi pekerja. Jika Kamu bekerja di kantor yang menerapkan open space, paling tidak berikan pemisah seperti buku, keranjang arsip, susunan dokumen atau lainnya.


4.    Menggunakan Meja Kerja Panjang

Secara feng shui, meja kerja panjang berbentuk persegi dipercaya lebih baik dalam meningkatkan produktivitas karyawan. Saat seluruh karyawan dalam satu tim/divisi duduk bersama akan membuat hubungan semakin erat. Berbeda dengan meja bulat. Menurut feng shui meja bulat lebih cocok disediakan khusus untuk tamu. Oiya, saat memasang meja panjang janga lupa untuk membri sekat yaa.

 

Baca Juga: Perbedaan Sewa Virtual Office, Serviced Office dan Coworking Space

 

5.    Menjauhkan Meja dari Pintu

Saat bekerja karyawan diharapkan untuk fokus bukan? Nah, untuk itu usahakanuntuk tidak meletakan meja kerja karyawan dekat dengan pintu. Baik itu pintu keluar/masuk, pintu toilet, maupun pintu pantry. Hal ini bukan tanpa alasan, pintu yang kerap membuka tutup bisa mengganggu konsentrasi. Terlebih jika meja karyawan yang dekat dengan pintu posisinya membelakangi pintu.


Fheng Sui yang diatur di tempat kerja diarapkan membuat suasana lebih menyenangkan. Keselarasan yang diciptakan secara positif akan mempengaruhi hubungan antar rekan kerja sehingga produktivitas pun menjadi lebih baik.

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu