Breaking

blog single post
Working

Tren Event Space Terkini untuk Kebutuhan Bisnis Anda

Apakah Anda merupakan seorang event planner atau event organizer? Jika iya, maka Anda pasti sudah paham bahwa pemilihan event space memainkan peran penting dalam mendorong angka kunjungan atau kehadiran pengunjung di acara yang Anda buat. Terlebih dengan adanya kenaikan harga kamar hotel dan tiket transportasi, pesawat maupun kereta api, maka Anda perlu melakukan hal lebih untuk mendorong jumlah pengunjung.

 

Berikut ini adalah beberapa tren serta perubahan di dalam bisnis event, serta beberapa solusi yang dapat Anda manfaatkan guna mengatasi perubahan tersebut agar tetap menjadi seorang event planner yang unggul. Selamat membaca!


Meningkatnya Popularitas Venue Unik

Permintaan atas event atau meeting space yang unik dan non-tradisional menunjukkan tren peningkatan sejak tahun 2017. Ada beberapa alasan yang mendasar mengapa klien sekarang lebih memilih event space yang unik, dan menimbulkan kesan lebih mendalam di benak para pengunjung atau peserta acara yang mereka selenggarakan. Coba Anda tanyakan kepada diri sendiri, mana yang lebih membuat Anda terkesan dan mudah mengingat: apakah menghabiskan waktu berjam-jam di dalam ruangan maupun ballroom hotel untuk mengikuti sebuah acara, atau menghadiri acara serupa tapi di lokasi seperti kedai kopi lokal atau museum kontemporer yang tengah populer? Dengan pemilihan lokasi yang unik, klien mengharapkan bahwa sebuah acara atau event menjadi lebih dari sekadar rapat atau konferensi.


Manfaatkan Alat Canggih untuk Mendapatkan Lokasi

Dengan peralihan tren dari lokasi yang sudah umum, seperti ballroom, ruang rapat hotel, maupun stadion, sebenarnya nyaris seluruh commercial space memiliki potensi untuk menjadi lokasi acara yang akan Anda buat nantinya. Tentunya, Anda memerlukan jaringan dan pencarian yang tepat. Untungnya, sekarang Anda bisa menemukan event atau meeting space dengan lebih mudah, praktis, dan cepat bahkan hanya dari genggaman Anda. Lewat aplikasi SpotQoe yang dapat Anda download gratis dari Playstore atau Appstore, dapat membantu Anda menemukan event place yang sesuai dengan kebutuhan. Dengan memanfaatkan sarana tersebut, maka Anda pun bisa mengakses database di mana para event planner dan pemilik properti dapat saling terhubung. Tak hanya menyediakan informasi tempat dan alamatnya saja, Anda pun dapat mengakses informasi lain yang relevan dan penting, seperti fasilitas yang tersedia, foto dan video lokasi yang asli, dan bahkan review dari sesama event planner yang juga pernah menggunakan venue serupa.


Keselarasan Lokasi dengan Bisnis dan Kultur Klien

Ketika Anda mencari lokasi event atau meeting, pastikan bahwa Anda mencari jenis-jenis lokasi yang nama atau imejnya sesuai dengan nama maupun imej klien Anda. Jika klien Anda adalah sebuah biro hukum prestisius dan elit, maka pilih lokasi yang sama-sama prestisius. Namun jika klien Anda memiliki bisnis yang unik, maka Anda bisa mempertimbangkan lokasi yang lebih informal seperti kafe atau coworking space, atau bahkan sebuah pop-up event di ruang public. Apabila lokasinya selaras dengan merek, imej, atau visi klien Anda, maka event yang diselenggarakan pun akan jadi pengalaman yang lebih mengesankan.


Ruang Meeting Pilihan Tidak Harus Selalu Berwujud Fisik

Seiring dengan perkembangan teknologi, keberadaan teknologi VR alias virtual reality sudah tak lagi asing di tengah kehidupan kita, termasuk dalam urusan pemilihan lokasi acara. Anda pasti sudah familiar dengan penggunaan teknologi video conference, bukan? Nah, baik video conference maupun VR dalam lokasi acara memiliki tujuan yang sama yaitu menghubungkan audiens meski tanpa tatap muka langsung. Kemungkinan yang satu ini juga sangat menarik di mata audiens karena hal ini berarti mereka tidak harus mengeluarkan uang untuk membiayai perjalanan mereka, baik itu perjalanan bisnis atau pribadi.


Berbicara soal VR, statistik menunjukkan kalau teknologi ini akan menjangkau hingga 1 miliar orang pada tahun 2020 nanti. Lantas, apa pengaruhnya terhadap pemilihan lokasi acara untuk klien? Salah satunya adalah semakin besarnya kemungkinan kehadiran secara virtual, namun dengan kualitas pengalaman yang serupa seperti saat seorang pengunjung datang di sebuah acara secara langsung. Menarik, bukan?

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu