Breaking

blog single post
Working

Tren Meeting Space Masa Kini: Semakin Bebas, Semakin Canggih

Seperti apa gambaran yang terlintas di kepala Anda begitu membayangkan sebuah meeting space atau ruangan konferensi? Apakah Anda membayangkan sebuah ruangan besar dengan meja-meja panjang dan bernuansa serius? Lalu terdapat sebuah papan tulis yang digantung di salah satu sisi temboknya?


Ya, seperti itulah gambaran ruangan rapat atau konferensi tradisional pada umumnya. Akan tetapi, saat ini desain meeting space sudah semakin baru dan telah berkembang jauh berbeda dengan gambaran ruangan meeting pada umumnya. Apalagi dengan kebutuhan kultur kerja yang semakin kolaboratif, hal tersebut turut mempengaruhi desain sebuah ruang rapat atau konferensi.


Hal ini terjadi di penjuru dunia karena  mengikuti perkembangan dan inovasi di dalam lingkungan industri maupun teknologi itu sendiri. Memang benar bahwa ada beberapa hal yang mendasar dan masih sama, seperti pengembangan strategi perusahaan, proses brainstorm untuk ide-ide baru, dan sebagainya. Akan tetapi, hal-hal tersebut diwujudkan dengan adanya perbedaan dalam di mana dan bagaimana rapat dilaksanakan. Berikut ini adalah beberapa kunci penting penyebab perubahan desain meeting space di berbagai perusahaan saat ini. Apa saja? Simak ulasannya berikut ini:


Kebebasan untuk Bekerja dari Mana Saja

Dengan pekerjaan yang bisa diselesaikan melalui laptop, orang-orang kini bekerja jauh lebih bebas. Apalagi, seiring dengan perkembangan perangkat mobile, Anda bahkan bisa membawa pekerjaan ke mana saja dan mengerjakannya dari manapun Anda berada. Laptop, tablet, dan smartphone menjadi rekan kerja yang selalu ada di sisi Anda. Dari manapun Anda bekerja, Anda tidak perlu khawatir karena teknologi keamanan data yang semakin canggih mendukung fleksibilitas dan kebebasan tersebut.

Faktor-faktor ini telah mendukung perkembangan pengaturan kerja yang fleksibel. Contohnya, pertumbuhan non-pegawai yang bekerja dari rumah telah mencapai angka 103% dari tahun 2005 sampai 2015. Efektivitas perangkat mobile telah semakin diterima oleh masyarakat, sehingga kebutuhan akan kehadiran fisik seseorang bahkan untuk mengadakan rapat pun tidak lagi setinggi sebelumnya. Tak heran meeting yang kolaboratif pun bisa menjangkau siapa saja di berbagai negara di dunia secara virtual dengan mudahnya.


Perubahan dalam Komunikasi

Selain perangkat mobile, layanan komunikasi pribadi berbasis cloud juga mendorong perubahan dalam aspek bagaimana para karyawan sebuah perusahaan dapat saling berkomunikasi. Hal ini dapat dibuktikan dengan semakin banyaknya penggunaan berbagai program atau aplikasi seperti Skype for Business, GoToMeeting, Jabber, Zoon, dan berbagai aplikasi pesan yang berfungsi untuk komunikasi bisnis. Perubahan lainnya pun termasuk fungsi rapat terjadwal hanya sebagai momen tatap muka yang sekadar diperlukan, sementara rapat kolaboratif lebih banyak dimanfaatkan untuk pertemuan yang berfungsi sebagai wadah untuk brainstorm atau saling bertukar pikiran begitu ide baru muncul.


Perkembangan Solusi Komunikasi Berbasis Software

Berbagai solusi komunikasi yang menunjang rapat kolaboratif telah berkembang menjadi lebih kokoh. Para karyawan yang bekerja secara mobile dan tim-tim yang tersebar telah berfungsi menjadi lebih efisien berkat peralihan dari desain kerja yang dulunya berbasis perangkat keras (hardware) menjadi perangkat lunak (software). Dengan demikian, terlepas dari masalah jarak, Anda kini dapat memanfaatkan berbagai jenis video, audio, dan data lainnya yang cukup diunduh dan di-instal lewat perangkat yang menunjang komunikasi bisnis. Hal tersebut semakin memperkuat fakta bahwa lingkungan kerja saat ini sudah bisa menjamin kebebasan karyawan untuk bekerja dari mana saja dan di mana saja, namun begitu Anda tetap saling berhubungan satu sama lain.


Generasi Baru yang Melek Teknologi

Para milenial adalah generasi pertama yang tumbuh dengan berbagai teknologi yang masih digunakan sampai saat ini dan berjumlah sekitar 30% dari total tenaga kerja keseluruhan. Hal ini pun membuat para milenial, yang sudah melek teknologi sejak awal, mendominasi tempat kerja di seluruh penjuru dunia.

Faktor tersebut juga menyebabkan adanya tuntutan dan harapan yang berbeda yang dimiliki generasi milenial terkait dengan lingkungan kerja jika dibandingkan generasi pendahulunya. Secara umum, mereka termotivasi oleh hubungan dengan satu sama lain, yang juga dipicu oleh budaya interaktif media sosial. Karena itulah para milenial lebih memilih kolaborasi dan dapat bekerja lebih baik di dalam tim. Mereka sering membutuhkan feedback dan mempunyai keinginan kuat untuk mempergunakan teknologi terkini. Dan dengan jumlah milenial yang akan bertambah dalam tahun-tahun ke depan, maka desain meeting space yang kolaboratif jelas tidak akan terhapus dari lingkungan kerja.


Anda sedang mencari meeting space yang tepat untuk keperluan bisnis? Download SpotQoe sekarang juga dan temukan meeting space ideal dengan mudah, cepat, dan praktis!



Baca Juga : Berbagai Fasilitas Untuk Menciptakan Meeting Space yang Nyaman

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu