Breaking

blog single post
People

Tuntaskan Resolusi yang Sudah Dimulai

Tidak terasa tahun 2018 sudah memasuki bulan ke tujuh, apakah resolusi yang Anda rencanakan di awal tahun berjalan lancar? Biasanya sih semangatnya berkobar hanya di awal tapi memasuki bulan ketiga sudah lupa semua rencana dan kembali sibuk dengan rutinitas.


Nah mumpung masih ada waktu sebelum berganti tahun yang baru lagi, yuk kita nyalakan lagi semangan untuk mencapai target-target kehidupan.


  • Rapihkan kembali daftar resolusi

Ingat-ingat lagi resolusi apa saja yang pernah Anda susun. Tandai mana saja yang sudah dicapai selama 6 bulan ke belakang, dan mana yang belum


  • Buat target untuk mencapai sisa resolusi

Dari sekian resolusi sisanya yang belum terpenuhi, pecahlah satu persatu dan buat timeline untuk memudahkan Anda memperkirakan batas waktu pengerjaan hal-hal yang mengarah kepada resolusi itu tadi


  • Kerjakan dan jangan tunda lagi

Jika sudah ketahuan apa saja resolusi yang masih tertinggal dan kapan pembagian waktu untuk mencapainya, maka segera laksanakan


Resolusi sejatinya merupakan target yang ingin seseorang capai dalam kurun waktu tertentu. Mnegapa banyak orang melakukannya atau menyatakannya pada momen tahun baru, ya sederhana saja sebenarnya. Karena penghitungannya jadi lebih mudah diawali dari bulan Januari, Februari dan seterusnya.


Awal munculnya konsep resolusi

Sejarah mengenai resolusi ini sendiri datang dari masyarakat Babilonia kuno 4000 tahun silam, dimana mereka membuat perjanjian dengan para dewa untuk membayar hutang serta mengembalikan semua benda yang telah mereka pinjam.


Nah resolusi yang mirip dengan kebiasaan orang-orang kekinian terjadi pada masa Romawi kuno. Raja Julius Ceaser mengumumkan bahwa bulan pertama yang mengawali tahun masehi dipersembahkan untuk Dewa Janus (The Month of Janus) yang kemudian dikenal sebagai Januari. Dewa Janus sendiri memiliki dua wajah dan masyarakat Romawi kuno memercayai bahwa satu wajahnya menatap ke masa lalu dan satunya lagi menatap masa depan. Untuk menghormatinya, mereka melakukan pengorbanan dan berjanji akan berperilaku lebih baik di masa mendatang.


Istilah 'resolusi tahun baru' sendiri baru muncul di dalam artikel terbitan koran Boston pada 1 Januari 1813, yang menyatakan bahwa banyak orang merasa telah melakukan sepanjang bulan Desember dan terbiasa membuat resolusi di tahun baru.   


BACA JUGA: Setiap Orang Butuh Hidup yang Seimbang

 


























Sumber : kompas.com; tempo.co

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu