Breaking

blog single post
Informasi

Work From Home? Begini Tips Mengatur Waktu di Rumah Seharian

Pegawai kantoran mana yang tidak merasakan peliknya suasana ditengah pandemi COVID-19?


Bagi pekerja di kawasan ibukota, isu ini bukan main-main. Bahkan pemerintah pusat dan provinsi pun bergandengan tangah menghimbau agar seluruh pebisnis mulai memperkerjakan karyawannya dari rumah sebagai upaya social distancing. Meskipun, bagi beberapa bisnis atau divisi terasa sulit, namun himbauan ini mulai diperhatikan akibat kurva korban pandemic COVID-19 di ibu kota yang semakin tinggi.


Untuk menjaga performance karyawan tetap sesua dengan KPI harian yang ditetapkan, perusahaan tentu membuat cukup banyak peraturan terkait WFH ini. Menanggapi hal tersebut, respon publik tentu berbeda-beda. Ada yang merasa lebih fokus bekerja di rumah, tapi ada pula yang tidak bisa membedakan pekerjaan dan urusan personal. Alias waktu yang digunakan untuk bekerja lebih banyak.


Efek negatifnya bermacam-macam, ada yang menjadi lebih mudah stres, menjadi tidak produktif atau bahkan kesehatan yang tidak terjaga. Berikut ini adalah beberapa tips agar WFH dan social distancing mu berjalan lancar!


Pagi Hari

Biasanya, setiap pemimpin tim akan melakukan absensi setiap pagi. Jam yang digunakan sesuai dengan jam masuk kantor. Nah, usahakan untuk tetap on the track seperti kamu akan berangkat ke kantor ya! Jangan mentang-mentang dirumah aja, kamu mengabaikan bangun pagi, mandi, sarapan, dan berolahraga.


Lebih baik lagi, jika Kamu membagi waktu untuk olahraga lebih banyak. Lakukan ini setiap hari agar otakmu bisa bekerja secara maksimal seharian dan tidak mudah stres. Jika memungkinkan, Kamu juga bisa berjalan-jalan dahulu di depan rumah. Eits, tapi tentu dengan memerhatikan peraturan social distancing, seperti perlengkapan kesehatan seperti masker, kemudian tidak menyentuh berbagai tempat umum, bahkan langsung mandi dan berganti baju saat masuk kembali ke dalam rumah.

 

Baca Juga: Kerja Nyaman Saat WFH Selama Pandemi COVID-19


Siang Hari

Tetapkan batasan-batasan untuk waktu makan di siang hari saat WFH selama pandemi COVID-19. Sebaiknya buat komitmen bersama antara Kamu, tim beserta pimpinan untuk tetap mengikuti jadwal kantor harian. Jika sedang dalam meeting, ingatkan rekan setim-mu untuk istirahat terlebih dahulu. Kamu bisa manfaatkan waktu untuk beribaadah, stretching, atau memasak makanan favorit. Dengan diselingi aktifitas lain, tubuhmu akan kembali merasa bugar.


Menjelang Ashar

Di saat waktu Ashar, jam 15.00-15.30 WIB, Kamu juga bisa melakukan hal yan sama dengan saat waktu siang. Di waktu ini, kamu bisa memanfaatkan untuk menyantap cemilan atau mengistirahatkan mata sejenak. 15 - 30 menit bisa menjadi waktu yang cukup untuk mengambil waktu tidur. Yang terpenting, jangan sampai lupa mengatur alarm ya. Tidur kelamaan tidak hanya akan membuang waktu dan membuat pekerjaan tidak selesai. Tapi, akan membuat kepalamu lebih berat dan bisa membuat pusing.


Sore Hari

Nah, waktu yang keempat ini bisa jadi waktu yang paling ditunggu-tunggu bagi seluruh karyawan yang melakukan WFH. Tapi jangan harap kerjaanmu bisa selesai di waktu ini jika ketiga waktu sebelumnya Kamu lebih banyak berleha-leha. Pastikan seluruh pekerjaan sudah selesai dan periksa kembali. Jangan sampai, di waktu malam Kamu masih harus bekerja. Jika sudah selesai, kembali stretching atau melakukan meditasi minimal 30 menit, setelah itu langsung bersihkan diri. Usahakan mandi sebelum gelap ya. Karena Kamu menghabiskan waktu dirumah saja, kemungkinan terkena masuk angin lebih besar jika mandi pada waktu malam.


Lakukan keempat rutinitas tersebut setiap hari ya. Lalu, untuk menstimulan otak dan tubuhmu di malam hari, sebaiknya manfaatkan dengan aktifitas yang bermanfaat juga seperti memasak, membaca buku, atau membereskan kamar atau rumah. Dengan begitu, WFH sambil menghabiskan waktu 24 jam di rumah selama masa pandemi COVID-19 pun akan selalu produktif serta baik pula untuk kesehatan tubuh dan pikiran. Keep social distancing yaa!

Sumber : Berbagai Sumber

Reaksi Anda:




Komentar


Belum Ada Komentar

Berikan Komentarmu